Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Dua Rangkaian Tiba, Kapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Datang Lagi?

Kompas.com - 02/09/2022, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat (02/09/2022).

Mengutip dari Antara, Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan bahwa dua trainset atau rangkaian kereta cepat sudah tiba di Dermaga 200-2021 Pelabuhan Tanjung Priok Non Peti Kemas.

Kedatangan dua trainset tersebut terdiri atas, satu rangkaian kereta inspeksi (CIT) dan satu rangkaian kereta cepat (EMU) untuk penumpang.

Artinya, masih ada 10 rangkaian kereta lagi yang akan dikirim dari China menuju Indonesia.

Namun, pengiriman rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilakukan dalam empat tahapan.

Setelah kedatangan perdana kali ini, pengiriman rangkaian kereta cepat selanjutnya akan tiba pada 25 Desember 2022, 25 Februari 2022, dan 15 Maret 2023.

Baca juga: Perdana, Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Telah Tiba di Indonesia

Adapun setelah mendarat di Tanjung Priok, seluruh rangkaian kereta cepat akan dikirim ke Depo Tegalluar. Kemudian akan dirangkai ulang menjadi suatu kesatuan.

Pengiriman rangkaian kereta cepat ke Depo Tegalluar akan melalui jalur darat. PT KCIC pun sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti Pelindo dan Jasa Marga.

Proses pengiriman hanya dilakukan pada Senin hingga Kamis pukul 22.00 WIB-05.00 WIB.

Artinya, perjalanan akan dilakukan di masa arus lalu lintas tidak tinggi. Sehingga diharapkan proses perjalanan ke Depo Tegalluar ini tidak mengganggu arus lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com