Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda Apa Arti Kondominium dan Mengapa Harus Memilikinya?

Kompas.com - 25/07/2022, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Bank Rate

JAKARTA,KOMPAS.com -  Kondominium merupakan unit individu milik pribadi yang berada satu komunitas dengan unit-unit lainnya.

Jadi artinya pemilik kondominium hanya berhak pada bagian interior unit mereka. Sedangkan bagian luar dari unit hunian merupakan hak milik bersama.

Pemilik kondominium biasanya area umum bersama dalam komunitas, seperti kolam renang, garasi, lift dan lorong luar hingga gym.

Bagian area umum akan diawasi oleh asosiasi pemilik rumah sesuai dengan perjanjian, ketentuan, dan batasan yang berlaku untuk properti tersebut.

Baca juga: Sekilas Sama, Jangan Salah Membedakan Apartemen dan Kondominium?

Kondominium biasanya terdapat dalam bentuk gedung-gedung tinggi. Namun Anda juga dapat menemukan kondominium yang berupa unit-unit terpisah di pasaran.

Mengapa harus membeli kondominium?

Alasan utama mengapa Anda harus membeli jenis properti ini adalah kepraktisan. Meski memiliki banyak fasilitas yang bisa dinikmati di luar unit rumah, Anda hanya perlu merawat interior rumah sendiri.

Selebihnya ditangani oleh manajemen perusahaan yang profesional. Tidak ada halaman rumput yang harus dipotong, petak bunga yang harus dirawat atau jalan masuk yang harus diperbaiki.

Ini sangat bermanfaat bagi pemilik rumah sudah berusia senior, orang-orang yang sering bepergian, atau mereka yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk perawatan.

Bagian penting lainnya adalah masalah harga. Kondominium secara historis lebih terjangkau daripada rumah tapak.

Baca juga: Kurang dari Sebulan, Kondominium Mendiang David Bowie Laku Rp 244 Miliar

Kondominium juga menyediakan kehidupan komunitas yang sering tidak disediakan oleh kompleks perumahan, termasuk ruang dan fasilitas bersama, acara, dan masih banyak lagi.

Banyak yang membeli kondominium untuk digunakan sebagai properti sewaan. Kondominium dapat menghasilkan untung besar terutama di lingkungan dengan banyak penyewa atau di lokasi yang menjadi pusat pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com