Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Duplikasi Jembatan Kapuas I Dimulai Tahun Ini, Butuh Rp 267 Miliar

Kompas.com - 13/07/2022, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan membangun duplikasi Jembatan Kapuas I pada tahun ini.

Mengutip laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), proyek jembatan duplikasi ini dilakukan secara multi years contract (MYC) 2022-2024 lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 267 miliar.

"Per-tanggal 11 pemenangnya sudah ada, ini kita desain kurang lebih hampir sama dengan sebelahnya yang mana rencananya duplikasi dengan tipe rangka baja juga," kata Direktur Bina Teknik Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga Nyoman Suaryana.

Jembatan duplikasi ini akan dibangun sejajar dengan jembatan eksisting serta bertujuan untuk meningkatkan konektivitas warga serta memperlancar distribusi barang dan jasa.

Duplikasi Jembatan Kapuas I juga merupakan satu kesatuan sistem arus lalu lintas keluar masuk Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca juga: Gandeng Perusahaan Jepang, Waskita Garap Proyek Jembatan di Palu

Nantinya, pembangunan jembatan akan dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Barat.

"Jembatan akan dibangun dalam waktu 3 tahun sampai 2024. Kita berharap bisa dipercepat pembangunan duplikasi jembatan dengan bentang 430 meter tersebut," tambahnya.

Menanggapi hal ini, Kepala BPJN Kalimantan Barat Herlan Hutagaol mengatakan bahwa pembangunan jembatan baru memang sudah diperlukan oleh masyarakat Pontianak.

Secara teknis, jembatan lama yang telah dibangun pada tahun 1982 telah mengalami penurunan daya beban.

"Karena secara teknis jembatannya tersebut sudah tua, dibangun pada tahun 1982 semua parameternya, keausan, dan pola trafik sudah berubah," papar Herlan.

Baca juga: Bertolak ke Nias, Jokowi Tinjau Infrastruktur Jembatan dan Jalan Nasional

Lanjutnya, meskipun pemenang tender telah ditetapkan, akan tetapi pihaknya masih belum bisa melakukan kontrak karena masih menunggu izin MYC.

Oleh karena itu, pembangunannya ditargetkan akan dimulai paling lama pada bulan Agustus 2022.

Adapun kriterianya, duplikasi Jembatan Kapuas I memiliki panjang 430 meter bertipe rangka baja, terdiri dari 6 pilar, 2 abutmen, lebar 9 meter dan panjang jembatan pendekat 270 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com