Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliki Ribuan Santri, Ponpes Nabil Husein Samarinda Kini Dilengkapi Rusun

Kompas.com - 02/06/2022, 15:15 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ribuan santri dari berbagai daerah, Pondok Pesantren (Ponpes) Nabil Husein di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), kini dilengkapi rumah susun (rusun).

Rusun untuk ponpes tersebut telah diselesaikan pembangunannya oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II.

Menurut Kepala Balai P2P Kalimantan II Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Hujurat, Nabil Husein merupakan ponpes terbaik di Kalimantan.

"Adanya rusun tersebut diharapkan bisa membantu Ponpes Nabil Husien yang mempunyai banyak santri agar bisa menyediakan hunian layak dan nyaman," ujar Hujurat dalam rilis, Kamis (2/6/2022).

Sehingga, para santri jadi lebih fokus dan bersemangat hingga bisa menyelesaikan pendidikannya dengan baik.

Pembangunan rusun tersebut dilaksanakan oleh PT Rimba Raya Utama sebagai kontraktor pelaksana pembangunan dan CV Adhi Teknik sebagai konsultan manajemen kontruksi (MK).

Rusun santri ini dilaksanakan secara Single Years Contract (SYC) atau kontrak tahun tunggal pada Tahun Anggaran (TA) 2021 dengan masa pelaksanaan pekerjaan 185 hari kerja.

Hunian vertikal Nabil Husein dibangun satu tower setinggi dua lantai dengan empat ruangan tipe barak mini yang bisa menampung sekitar 88 santri.

Baca juga: Ada CCTV, Nih Fasilitas Mewah Rusun Anggota Polres Gorontalo Utara

"Total anggaran pembangunan tusun ini sebesar Rp 4,2 miliar dan telah dilengkapi dengan meubelair berupa tempat tidur susun dan lemari pakaian untuk para santri," ungkapnya.

Sejauh ini, kata Hujurat, Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Kaltim beberapa waktu yang lalu juga sudah melaksanakan serah terima pengelolahan sementara kepada pihak ponpes itu.

Pimpinan Ponpes Nabil Husein Nasikin mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Kementerian PUPR kepada para santri dan ponpes.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Ditjen Perumahan Kementerian PUPR yang telah memberikan perhatian dan dukungan untuk kami melalui rumah susun ini," terang Nasin.

Menurutnya, kehadiran rusun sangat membantu dalam pemenuhan hunian bagi para santri. Sebab, setiap tahun ajaran baru pasti jumlah calon santri meningkat. Untuk itu, pihaknya merasa terbantu dengan adanya rusun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com