Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rabu Ini, Penumpang Kereta dari Jakarta Tak Perlu Antigen

Kompas.com - 18/05/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menerapkan syarat perjalanan baru untuk penumpang kereta api (KA) jarak jauh.

Aturan ini berlaku bagi para penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang dan Stasiun Cikampek.

Per Rabu (18/5/2022), penumpang KA jarak jauh yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) tidak lagi diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen pada saat proses boarding.

Sementara itu, bagi penumpang yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, tetap harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam atau Rapid Test Antigen 1x24 jam.

Hal ini menyusul Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 18 Mei 2022.

Baca juga: IKN Bakal Miliki 14 Stasiun Kereta Api Penumpang, Berikut Daftarnya

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengimbau para penumpang yang akan berangkat dari Daop 1 Jakarta untuk memperhatikan kembali aturan terbaru perjalanan KA jarak jauh yang diterapkan mulai hari ini.

“Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan,” ujar Eva dalam keterangannya hari ini.

Adapun hasil data tersebut sudah dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, website KAI dan pada saat boarding.

Lebih lanjut, penumpang KA jarak jauh juga tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan dan saat berada distasiun,

Masker yang digunakan merupakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu,” tambah Eva.

Baca juga: Kembali Beroperasi, Kereta Pangrango Telah Layani 77.413 Penumpang

Selain itu, penumpang turut diimbau untuk mengganti masker setiap 4 jam dan membuang limbah masker di tempat yang telah disediakan serta tidak melakukan komunikasi secara langsung atau melalui telepon sepanjang perjalanan.

Sebelum berangkat, penumpang juga harus dalam kondisi sehat dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

“Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, KAI memberikan healthy kit kepada pelanggan KA jarak jauh yang berisikan masker dan tisu basah secara cuma-cuma,” pungkas Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com