Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaksanaan Mudik Lebaran 2022 Dapat Apresasi dari Presiden Jokowi

Kompas.com - 11/05/2022, 20:50 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Suksesnya pelaksanaan Mudik Lebaran tahun 2022, ternyata mendapatkan apresiasi dari presiden Indonesia, Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Halal bi Halal Hari Raya Idul Fitri 1443 H secara virtual, di Auditorium Kementerian PUPR, Rabu (11/5/2022).

Menurut Menteri Basuki, Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada seluruh Kementerian/Lembaga dalam pelaksanaan Mudik Lebaran tahun ini, termasuk kepada Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR diketahui telah menyipapkan infrastruktur jalan dan jembatan untuk kenyamanan perjalanan para pemudik.

Baca juga: Airlangga: Lebih dari 80 Juta Orang Mudik, tapi Belum Ada Lonjakan Kasus Covid-19

"Presiden mengucapkan terima kasih atas manajemen arus mudik dan arus balik yang baik, sehingga tidak ada komplain yang menonjol,” ujar Menteri Basuki dalam rilis yang diterima Kompas.com.

“Alhamdulillah, walaupun masih dengan keterbatasan prasarana, Kementerian Perhubungan dan Kepolisian berhasil melakukan rekayasa lalu lintas semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat,” tambahnya.

Namun Menteri Basuki juga mengaku pelaksanaan Mudik Lebaran 2022 masih jauh dari sempurna, terlebih arus lalu lintasnya sangat tinggi. Karena itu, akan dilakukan evaluasi agar tahun depan Mudik dapat berjalan lebih baik lagi.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga berpesan usai libur Lebaran, seluruh jajaran Kementerian PUPR tetap menjaga ritme kerja dan mempercepat belanja infrastruktur untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi.

Belanja anggaran Kementerian PUPR diharapkan dapat berkontribusi langsung pada percepatan pemulihan kondisi sosial ekonomi akibat Pandemi Covid-19, dengan menyerap tenaga kerja dan menjaga daya beli masyarakat.

Baca juga: 2,6 Juta Kendaraan Manfaatkan Tol Trans-Sumatera Selama Mudik Lebaran

"Tolong dipercepat, nanti akhir Mei 2022 kita lakukan Midterm Review. Tahun ini sangat krusial untuk bisa kita manfaatkan dalam meringankan beban anggaran 2023. Tetapi harus tetap jaga kualitas produk dengan tata kelola pengadaan barang dan jasa yang baik, kompetitif, transparan, dan akuntabilitas," tutur Menteri Basuki.

Ia menambahkan acara silaturahmi virtual usai Hari Raya Idul Fitri ini merupakan tradisi sebagai ungkapan rasa syukur, mempererat silaturahmi, dan saling memaafkan.

Acara ini dilaksanakan melalui video conference yang dihadiri Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo, Sekretaris Jenderal M. Zainal Fatah beserta seluruh Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com