Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Imbau Pemudik Gunakan Rest Area Tol Cuma 30 Menit

Kompas.com - 19/04/2022, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau kepada pemudik agar membatasi waktu di rest area jalan tol hanya 30 menit selama arus mudik Lebaran 2022.

"Teorinya sederhana, kalau tempatnya sedikit yang butuh banyak maka dibatasi waktunya. Jadi aturan 30 menit saya kira memadai lah," ujarnya dilansir Antara, Selasa (19/4/2022).

Dia bercerita jika melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan jalan tol, waktu 30 menit di rest area cukup untuk 5 menit ke toilet, 10 menit peregangan, serta 20 menit makan.

Kang Emil menambahkan, jika semua pemudik berpikir mampir ke rest area saat berbuka puasa, maka dipastikan hal tersebut tidak memungkinkan.

Berkaca dari hal itu, dia mengimbau agar masyarakat yang mudik tahun ini menyediakan makanan dan peralatan penting lainnya di mobil agar tidak terjadi penumpukan di rest area tol.

Baca juga: Simak Tips Mudik Anti Lelah, Salah Satunya Hindari Antrean Panjang di Rest Area

"Sehingga imbauan saya, barang siapa berniat mudik tolong di mobilnya dibekali makanan yang mencukupi dan hal-hal emergency (darurat)," tambah dia.

Dengan demikian, apabila para pemudik tidak bisa berbuka puasa di rest area, kenyamanan masih bisa dirasakan.

Senada dengan Emil, Wakil Kepala Kepolisian Jawa Barat (Wakapolda Jabar) Brigjen Pol Bariza Sulfi mengimbau pemudik untuk tidak berlama-lama di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) jalan tol

Sebab, rest area jalan tol harus dalam keadaan kosong sebelum diberlakukan skema satu arah atau one way.

"Itu kan one way diberlakukan dari arah Jakarta ke Jateng. Pemudik yang dari arah Jateng, di rest area-nya 30 menit. Kan sebelum one way itu harus dikosongkan,"ungkap Baruza,

Adapun pemberlakuan satu arah selama arus mudik Lebaran berlangsung selama empat hari yakni 28 April 2022-30 April 2022, serta 1 Mei 2022.

Sementara arus balik Lebaran 2022 akan berlangsung selama tiga hari yakni 6 Mei 2022-8 Mei 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com