Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Lagi Kelar, Sejauh Mana Pembangunan Bendungan Lolak?

Kompas.com - 19/04/2022, 17:48 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk memastikan pembangunan bendungan yang berjarak 210 kilometer dari Kota Manado, Lolak, rampung dikerjakan pada Mei mendatang.

Hal ini menyusul progres pembangunan infrastruktur sumber daya air (SDA) itu telah mencapai 96 persen per pekan pertama April 2022.

Sekretaris PP Yuyus Juarsa menyampaikan optimisme ini dikutip dari keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

“Kami yakin proyek pembangunan Bendungan Lolak ini dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," tegas Yuyus.

Lolak merupakan salah satu dari 45 bendungan yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Pemerintah.

Lokasi Bendungan Lolak tepatnya berada di di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.

Proyek Bendungan Lolak paket I dikerjakan sendiri oleh PP selaku kontraktor utama. Sedangkan Paket II dikerjakan oleh PP bersama PT Ashfri Putraloka dengan membentuk kerja sama operasi (KSO).

Baca juga: Tuntas Tahun 2022, Begini Progres Bendungan Kuwil dan Lolak di Sulut

Untuk lingkup pekerjaan proyek yang dilakukan PP berupa galian, timbunan bendungan utama, temporary cofferdam, timbunan main cofferdam, dan instrumentasi.

Sementara lingkup pekerjaan untuk paket II berupa timbunan bendungan utama, bangunan pengelak, bangunan pelimpah, bangunan intake, perkuatan tumpuan kiri, saddle dam I dan II, relokasi jalan dan jembatan provinsi, serta hidromekanikal.

Kehadiran Bendungan Lolak memberikan beberapa manfaat kepada masyarakat seperti penyediaan air irigasi untuk daerah seluas 2.214 hektar.

Selain itu, Bendungan Lolak juga bermanfaat sebagai sumber penyediaan air baku sebesar 500 liter per detik.

Bendungan Lolak juga akan berfungsi sebagai pembangkit listrik dari air keluaran (outflow) waduk dengan potensi listrik sebesar 2,43 megawatt (MW) dan mereduksi debit banjir sebesar 12 persen.

Lebih dari itu, manfaat lain yang dihasilkan dari pembangunan Bendungan Lolak adalah destinasi pariwisata baru di daerah Bollang Mondow dan lahan ex borrow untuk hutan buah produktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com