Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Dapat Kontrak Baru Rp 153 Miliar dari Proyek Ini

Kompas.com - 07/04/2022, 19:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk meraih kontrak baru senilai Rp 153 miliar untuk membangun Flyover Simpang Sekip Ujung, Palembang, Sumatera Selatan sepanjang 660 meter.

Pembangunan flyover ini bertujuan dalam mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

Kontrak kontruksi Fkyover Simpang Sekip Ujung ditandatangani oleh Senior Vice President Infrastructure II Division Lasino dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.1, Dicky Romansyah, Rabu (6/4/2022). 

Director of Operation II Waskita Karya Bambang Rianto menuturkan, perseroan bersyukur atas perolehan kontrak baru milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu.

“Setelah banyak menyelesaikan proyek jalan struktur layang (elevated) di Indonesia, Waskita dipercaya lagi mengerjakan pembangunan simpang tak sebidang," kata Bambang dalam rilisnya, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Bangun Jaringan Gas Bumi, Waskita Teken Kontrak Rp 92,6 Miliar

Sementara itu, Lasino menambahkan, tipe proyek ini termasuk konvensional dengan jenis pembayaran monthly certificate sesuai progres yang dicapai setiap bulannya.

“Rencana pembangunan lintas atas ini akan dikerjakan dalam 630 hari. Dengan pengalaman mengerjakan proyek jalan dan jembatan, kami optimistis dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu dan kualitas terbaik,” sambung Lasin.

Fly Over tersebut rencananya akan menghubungkan Jalan Basuki Rahmat dan Jalan R Soekamto di kawasan Simpang Jalan Sekip Ujung.

Harapannya, akses lintas atas ini akan memudahkan masyarakat yang ingin melewati kawasan menuju kedua jalan tersebut.

Kemudahan itu nantinya akan berkontribusi dalam menurunkan kondisi kepadatan lalu lintas (lalin).

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan sedang mempercepat proses pembebasan lahan agar pembangunan jembatan lintas atas ini dapat segera dilaksanakan.

Adapun lingkup pekerjaan Waskita dalam proyek ini terdiri dari draianse, tanah dan geosintetik, struktur oprit menggunakan mortar busa UCS 800 Kpa dan perkerasan beton semen (PCC), jembatan 4 span dengan panjang efektif pekerjaan 660 meter.

Sementara struktur jembatan PCU girder membentang (40 meter+50 meter+45 meter+45 meter), serta pekerjaan ornamen khas motif songket Palembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com