Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Arus Mudik Lancar dan Aman, Waskita Siapkan Tol Kapal Betung

Kompas.com - 05/04/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) tengah melakukan sejumlah persiapan di ruas Tol Kayu Agung–Palembang–Betung (Kapal Betung) untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik Lebaran 2022.

Terdapat sejumlah strategi yang dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik di ruas Tol Kapang Betung.

Direktur Utama WST Herwidiakto menyampaikan, pihaknya menyiapkan beberapa kendaraan armada yang siaga dengan personel, unit patroli jalan tol, kendaraan derek, ambulans, kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) serta kendaraan penyelamat yang siaga selama 24 jam.

"Persiapan ini kami lakukan agar dapat menangani segala kejadian di jalan tol dengan cepat dan tanggap,” jelas Herwidiakto, dilansir dari siaran pers, Selasa (5/4/2022).

Sedangkan untuk mengantisipasi berbagai potensi risiko kemacetan, Waskita menyediakan gardu tambahan pada gerbang tol dan lajur khusus bagi pengguna jalan yang kurang saldo.

Baca juga: Perbaikan Tol Terpeka dan Kapal Betung Dikebut, Tuntas Jelang Lebaran

Bagi pengguna jalan tol yang nantinya kekurangan saldo, akan ada petugas keliling yang mengoperasikan mobile reader untuk memungut tarif dan mengecek kecukupan saldo.

Pengguna jalan yang kurang saldo akan diarahkan untuk mengisi ulang saldo atau membeli kartu tol di gardu.

Tidak ketinggalan, Waskita juga menyiapkan rambu-rambu lalu lintas dan rubber cone yang cukup jika akan dilakukan skema contraflow dan setiap saat mendeteksi kepadatan atau gangguan melalui CCTV serta strategi antisipasi potensi bencana alam.

Sementara saat ini, ruas Tol Kapal Betung masih terus mendapatkan pemeliharaan jalan, seperti mendeteksi dan menutup lubang jalan tol.

Pemeliharaan dan perbaikan ruas jalan tol ini ditargetkan rampung pada 10 hari menjelang Idul Fitri.

Baca juga: Hati-hati, Januari-April 2022 Ada Perbaikan Besar-besaran di Tol Terpeka dan Kapal Betung

"Kami akan berusaha sebaik mungkin agar arus mudik dapat lancar demi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan,” pungkas Herwidiakto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com