Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Cermin Sebagai Dekorasi Ruangan, Begini Cara Penataannya

Kompas.com - 17/03/2022, 20:26 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin tak hanya dapat digunakan untuk bersolek, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi pada sebuah hunian.

Karena bisa memantulkan cahaya, cermin dapat memberikan kesan sebuah ruangan terlihat lebih luas dan cerah.Namun Anda tidak bisa sembarangan menggantung cermin.

Agar cermin bisa menjadi elemen dekorasi yang indah, hal pertama yang wajib Anda pertimbangkan adalah benda apa yang ada di seberang cermin tersebut.

Baca juga: Cermin Bisa Bawa Rezeki di Rumah, Ketahui Penempatannya dengan Benar

Meskipun orang kerap menggantung cermin berdasarkan area dinding yang tersedia, penting untuk memikirkan apa yang akan menjadi pantulan.

Ketika digantung di seberang elemen arsitektur, lukisan, atau perabot yang penting, cermin tesebut akan menjadi lebih menarik.

Bila memungkinkan, Anda dapat menggantung cermin di seberang jendela agar secara signifikan meningkatkan jumlah cahaya di dalam ruangan.

Selain menempatkannya di seberang barang menarik secara visual, cermin harus selalu digantung pada ketinggian yang sesuai dengan ruangan.

Tidak seperti karya seni yang harus selalu digantung setinggi mata, penempatan cermin akan tergantung pada apa yang ingin Anda pantulkan.

Jangan takut menggunakan cermin besar di ruangan kecil. Cermin menciptakan ilusi kedalaman dan ruang sehingga benar-benar dapat membantu membuat ruangan kecil terasa lebih besar.

Cermin ukuran penuh adalah elemen dekoratif yang bagus dan sangat disarankan untuk penggunaan di ruangan kecil. Cermin juga bagus untuk tempat sempit seperti lorong.

Saat menggantung cermin, gunakan kait dinding atau gantungan gambar yang tepat dan pastikan untuk menggunakan paku tembok agar kokoh.

Cermin bisa menjadi modern, tradisional, atau klasik tergantung pada bingkai yang digunakan. Putuskan efek apa yang ingin Anda ciptakan saat memilihnya.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com