Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Makan, Tempat Terbaik Letakkan Cermin

Kompas.com - 11/02/2022, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber My Domaine


KOMPAS.comCermin adalah salah satu elemen dekorasi di dalam rumah yang juga digunakan sebagai alat penunjang kegiatan bersolek.

Dalam ilmu fengsui yang merupakan praktik seni tata letak ruangan atau bangunan dari Tiongkok Kuno, penempatan cermin di rumah memiliki aturan tersendiri.

Melansir My Domaine, Jumat (11/2/2022), fengsui tidak merekomendasikan penempatan cermin yang tepat di seberang pintu depan.

Penulis The Holistic Home Laura Benko mengatakan bahwa pintu depan rumah sangat penting dalam fengsui. Karenanya, cermin lebih baik ditempatkan di dinding yang tegak lurus dengan pintu depan.

Selain itu, fengsui juga tidak menyarankan peletakkan cermin di dapur, terutama jika cermin menghadap ke kompor.

Baca juga: Pengaruh Cermin dalam Desain, Bikin Lapang hingga Hemat Listrik

Hal tersebut disebabkan karena peletakkan cermin di dapur atau menghadap kompor diyakini mampu menyimpan energi negatif.

Aturan yang sama juga berlaku di area meja kerja. Cermin tidak disarankan untuk diletakkan menghadap meja kerja karena dapat menimbulkan energi negatif dan kesan menggandakan beban kerja.

Sebaliknya, para ahli fengsui mempercayai ruang makan adalah lokasi terbaik untuk meletakkan cermin. Ini disebut menjadi simbol kekayaan penghuni rumah.

Lebih lanjut, cermin yang diletakkan di ruang tamu dipercaya dapat membuat acara pertemuan terasa lebih meriah karena mampu menggandakan jumlah orang yang hadir di ruangan tersebut.

Tidak hanya itu, para ahli juga memperingatkan penghuni rumah untuk memperhatikan pantulan cermin, baik di dalam maupun di luar rumah.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Cermin untuk Desain Rumah

“Cermin dalam fengsui seperti aspirin. Mereka sering diresepkan untuk mengobati banyak penyakit. Mereka adalah penyesuaian cepat ketika Anda ingin memperluas ruang dan membawa lebih banyak cahaya,” jelas Benko.

Benko juga mengatakan agar penghuni rumah memastikan cermin memantulkan pemandangan yang indah.

Kemudian, cermin yang ditempatkan di lorong pada umumnya terlihat positif. Namun, ketika cermin ditempatkan di ujung lorong, mereka disebut akan memperlambat aliran energi di rumah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com