Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Dikebut Pengerjaannya

Kompas.com - 11/03/2022, 17:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang 95,8 kilometer terus dipercepat. 

Ruas yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) ini terbagi menjadi 3 Seksi.

Seksi 1 Lubuk Linggau-Kepahiang sepanjang 54,5 kilometer, Seksi 2 Kepahiang-Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer, dan Seksi 3 Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 kilometer.

Baca juga: Duet Bareng Kontraktor China, Hutama Karya Bangun Tol Rp 2,08 Triliun di Jateng

Progres konstruksi Seksi 3 ruas Taba Penanjung–Bengkulu telah mencapai 96,51 persen dan ditargetkan dalam waktu dekat di quartal 1 tahun 2022 akan selesai konstruksinya dan dapat dioperasikan.

"Seksi 1 dan 2 saat ini masih dalam tahap persiapan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jumat (11/03/2022). 

Basuki menjelaskan, pembangunan jalan tol yang yang menghubungkan sentra-sentra produksi, daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dapat membuka peluang usaha baru, lapangan kerja, dan mengakselerasi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat. 

“Kehadiran jalan tol akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah. Di samping itu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol,” ujarnya. 

Basuki berharap Pemerintah Daerah, para pengusaha, dan masyarakat dapat memanfaatkan secara optimal keberadaan tol yang terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai ini untuk mengembangkan ekonomi daerah dan meningkatkan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

Setelah tol ini beroperasi, pengendara hanya menempuh waktu 1-2 jam perjalanan saja dari Lubuk Linggau untuk mencapai Kota Bengkulu.

"Kehadiran jalan tol ini juga akan membuka potensi perekonomian di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu,” tuturnya. 

Sebagai informasi, Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 2.837 kilometer yang dibangun Kementerian PUPR ini terdiri dari ruas tol utama atau backbone sepanjang 1.913 kilometer dan ruas tol sirip atau feeder 924 kilometer.

Jalan Tol Trans-Sumatera backbone yang sudah beroperasi sepanjang 531 kilometer yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer, dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer.

Kemudiaan Kayu Agung-Palembang sepanjang 38 kilometer, Pekanbaru-Dumai sepanjang 132 kilometer, Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer dan Sigli-Banda Aceh seksi 4 sepanjang 14 kilometer.

Sedangkan ruas dalam tahap konstruksi sepanjang 486 kilometer; Jalan Tol Kisaran-Indrapura sepanjang 48 kilometer, Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Binjai-Pangkalan Brandan dengan panjang 58 kilometer dan Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95,8 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com