Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang Kandis Utara Tol Pekanbaru-Dumai Resmi Beroperasi

Kompas.com - 20/02/2022, 19:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Kandis Utara yang berada di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Provinsi Riau, Minggu (22/02/2022). 

"GT Kandis Utara resmi dibuka hari ini. Kami juga membagikan suvenir kepada 50 pengguna pertama yang masuk melalui Gerbang Tol Kandis Utara," kata Branch Manager Tol Permai Indrayana seperti dikutip Antaranews, Minggu (20/02/2022).

Indrayana mengatakan dibukanya GT Kandis Utara sudah sesuai dengan arahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui surat yang ditandatangani Kepala Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Baca juga: Tol Permai Bisa Dilintasi 15 Mei, Pekanbaru-Dumai Cuma 3 Jam

"Untuk mendukung operasional GT Kandis Utara tersebut, semua petugas dan fasilitas pendukung keluar masuknya kendaraan dari pintu Tol Permai sudah disiapkan. Begitu juga dengan pemasangan CCTV untuk mengawasi perilaku kendaraan," ujarnya.

Menurutnya, kondisi GT pada hari pertama lancar tanpa kendala. Sebelumnya, pengoperasian Gerbang Tol Permai sempat tertunda karena masih terhalang oleh pembebasan lahan dan kini sudah bisa diselesaikan dan digunakan pengguna jalan tol.

Tol Pekanbaru-Dumai telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada 25 September 2020.

Peresmian itu dilakukan dari Istana Kepresidenan Bogor dengan didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jalan tol itu memiliki panjang 131 kilometer yang terdiri dari enam seksi, yakni seksi 1 Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer, seksi 2 Minas-Kandis Selatan sepanjang 24,1 kilometer, seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara panjang jalan 16,9 kilometer.

Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan panjang jalan 26,2 kilometer, seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 29,45 kilometer, dan seksi 6 Duri Utara-Dumai sepanjang 29,45 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com