Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2022, Tangerang Jadi Incaran Pencari Rumah

Kompas.com - 29/12/2021, 15:02 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun minat terhadap properti kelas menengah ke atas di pusat kota meningkat, namun pada tahun 2022, pencarian rumah di kawasan penyangga tak pernah surut.

Hal tersebut disampaikan Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam rilis yang diterima oleh redaksi Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

"Selain harga, infrastruktur transportasi, kelengkapan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan dan pendidikan masih akan menjadi daya tarik utama,” ujar Marine.

Berdasarkan hal tersebut, Marine pun melakukan analisis sejumlah wilayah yang diperkirakan akan menjadi incaran konsumen pada 2022.

Baca juga: Sedang Cari Rumah di Tangerang? Cek Harganya

Wilayah yang dinilai paling prospektif adalah Tangerang Raya. Dua kecamatan yakni Cipondoh dan Karang Tengah menjadi dua area yang paling prospektif di Kota Tangerang tahun ini.

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), pada kuartal ketiga 2021, indeks harga properti di Cipondoh naik 29 persen secara tahunan.

Sementara di Kecamatan Karang Tengah tercatat kenaikan indeks harga sebesar 41 persen secara tahunan.

Lokasi Cipondoh yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat sangat menguntungkan. Beragam fasilitas umum seperti mal, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan kelas menengah atas dapat diakses  dengan mudah.

Cipondoh memiliki kawasan reservasi dan kawasan hijau di Situ Cipondoh sehingga sangat ideal bagi pencari properti yang ingin hunian dekat ibu kota namun dengan kualitas udara dan lingkungan hidup yang lebih baik.

Sedangkan Kecamatan Karang Tengah terhubung dengan tol Jakarta-Tangerang-Merak. Di sini, terdapat tiga rumah sakit besar, salah satunya Mandaya Royal Puri Hospital yang merupakan RS tipe B dengan pelayanan kelas internasional.

Kebijakan insentif pembebasan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari Pemerintah Kota Tangerang juga menambah daya tarik kedua area ini.

Sepanjang 2021, Tangerang Raya telah menjadi kawasan yang paling diuntungkan oleh pembangunan infrastruktur transportasi.

Seperti diketahui, pemerintah telah meresmikan tiga ruas jalan tol yang saling terhubung di wilayah tersebut, yaitu Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, dan Serpong-Pamulang.

Tersedianya akses tol baru menyebabkan pada kuartal ketiga 2021, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang secara berturut-turut mencatat kenaikan indeks harga properti tahunan sebesar 17,04 persen, 9,21 persen, dan 13,55 persen.

Sementara itu, dua wilayah lainnya yang juga akan menjadi buruan konsumen adalah Kota Bogor dan Kabupaten Gresik.

Menurut Marine, bagi pencari properti, ketiga wilayah prospektif tersebut bisa menjadi kawasan hunian idaman yang bisa dibeli di tahun 2022 mendatang karena masih akan menjadi buyer’s market.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com