Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Proyek Strategis Nasional Diprediksi Rampung 2022

Kompas.com - 17/12/2021, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo memperkirakan ada 29 proyek strategis nasional (PSN) bisa rampung di tahun 2022.

"Kami sudah perhitungkan dengan anggaran yang teralokasikan dan juga masalah di lapangan, kami optimis 29 proyek selesai," katanya saat konferensi pers KPPIP, Rabu (15/12/2021).

Namun dalam kesempatan tersebut dia belum menyebutkan secara rinci daftar PSN yang diprediksi akan selesai.

Adapun selama periode Januari 2020 sampai November 2021, terdapat 32 PSN yang berhasil diselesaikan senilai Rp 158,8 triliun.

Selain itu, KPPIP mengharapkan masih ada tambahan 8 proyek senilai Rp 94,3 triliun yang rampung.

Sehingga total proyek yang berhasil diselesaikan selama 2020-2021 diperkirakan sebanyak 40 PSN senilai Rp 253,1 triliun.

Sementara itu, Plt Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional, Kementerian PPN/Bappenas Taufiq Hidayat Putra mendukung penyelesaian PSN pada 2022.

"Tadi sudah dijelaskan oleh Pak Wahyu untuk 2022 ada sekitar 29 PSN yang akan diperkirakan selesai, kami mendukung itu," ujar Taufiq pada kesempatan yang sama.

Bahkan kini pihaknya sedang menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk APBN 2022.

Di dalamnya ada pengelompokan proyek prioritas strategis atau major project (MP). Jumlahnya ada 45 MP yang tentunya bersumber dari APBN.

"PSN ini diantaranya ada di 37 MP (dari 45 MP)," imbuh Taufiq. 

Menurutnya, seiring selesainya pembahasan APBN bersama DPR RI, Pemerintah akan kembali menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Pemutakhiran RKP 2022.

Terbitnya sekitar akhir Desember 2021 atau awal Januari 2022. Sehingga di dokumen tersebut nanti akan terlihat PSN yang masuk dalam RKP.

"Kami kasih tanda bintang dan ini tahun pertama kami eksplisitkan (PSN) dalam dokumen rencana," tandasnya.

Selain itu, proyek pembangunan nasional yang didukung oleh investasi BUMN juga akan diintegrasikan dalam RKP.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com