Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Prospek Menjanjikan, Ciputra Bangun Empat Mal Baru

Kompas.com - 12/11/2021, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat prospek bisnis yang menjanjikan pada segmen mal, PT Ciputra Development Tbk menyiapkan empat proyek mal baru.

Direktur Ciputra Development Harun Hajadi menjelaskan, dari empat proyek mal yang akan masuk dalam portofolio perusahaan, salah satunya berlokasi di CitraLand Surabaya.

Saat ini, proses konstruksi pondasinya telah dimulai.

"Yang tiga (proyek mal lainnya) sedang perencanaan. Gambarnya sudah selesai. Nanti ada di Medan, Makassar, dan area Jabodetabek," ujar Harun seperti dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (12/11/2021).

Namun demikian, Harun tidak membeberkan waktu penyelesaian serta nilai investasi dari masing-masing proyek.

Baca juga: Ciputra Pasarkan The Newton 2 Melalui Galeri Marketing Virtual 360

Rencananya, mal Ciputra ini tidak akan dibangun di area kota, melainkan diarahkan ke area pengembangan properti Ciputra sebagai fasilitas pelengkap kawasan.

"Semuanya akan dinamis dengan kondisi saat ini. Tenant juga belum bisa konfirmasi, tetapi kita harus siap jika situasi berubah. Saat ini masih sulit untuk memutuskan apa-apa terkait mal," papar Harun.

Bila empat mal baru ini rampung, Ciputra Developmen akan memiliki total 9 mal.

Lima mal yang sudah beroperasi adalah Lotte Shopping Avenue Ciputra World Jakarta, Mal Ciputra Jakarta, Mal Ciputra World Surabaya, Mal Ciputra Semarang, dan Mal Ciputra CitraRaya Tangerang.

Selain pembangunan mal baru, Ciputra juga sudah menyelesaikan extention Ciputra World Surabaya yang baru saja melakukan trial opening.

Segmen pusat perbelanjaan ini tekah menghasilkan pendapatan berulang atau recurring income sekitar 23 persen dari total pendapatan yang diraih oleh Ciputra Development.

Meski terjadi penurunan jumlah pengunjung selama masa pandemi covid-19, tapi Harun meyakini kondisi ini hanya bersifat sementara.

Dengan adanya pelonggaran PPKM, rata-rata pengunjung ke mal-mal Ciputra mencapai sekitar 55 persen persen dibanding sebelum pandemi, atau 60 persen dibanding sebelum PPKM diperketat pada bulan Juli.

"Prospeknya masih bagus sekali menurut saya. Ini sifatnya temporary. Nanti jika covid sudah hilang, pengunjung akan kembali dengan sendirinya. Tentu mall juga harus menyesuaikan konsepnya ke arah yang lebih experience," tandas Harun.

 


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli, artikel ini telah tayang di Kontan.co.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com