Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Integrasi Tarif Transportasi, Penumpang Bisa Bayar Tiket Berbasis Akun

Kompas.com - 18/10/2021, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi umum antar-moda yang beroperasi di Jabodetabek bakal menerapkan sistem pembayaran dan tarif terintegrasi secara elektronik.

PT Jakarta Lingko Indonesia (JakLingko) melalui konsorsium PT Jatelindo Perkasa Abadi yang terdiri dari Thales, Lyko dan PT Aino Indonesia akan mengimplementasikan platform tiket dan solusi mobilitas sebagai Layanan atau Mobility-as-a-Service (MaaS).

Thales akan merancang dan mengembangkan sistem pembayaran terintegrasi yang menggunakan solusi Tiket Berbasis Akun atau Account-Based Ticketing (ABT) untuk transportasi antarmoda.

Baca juga: Integrasi Tarif Transportasi Umum Akan Menghemat Pengeluaran Warga

Penumpang yang menggunakan jaringan transportasi berbeda akan dapat menggunakan smartphone atau kartu perjalanan nirkontak (contactless) untuk memasuki transportasi umum.

Dengan menggunakan ABT, pengguna transportasi umum dapat memanfaatkan teknologi di aplikasi JakLingko yang bisa membaca profil penumpang dan mengusulkan tarif yang berbeda.

Misalnya akan tersedia 14 kategorisasi tarif, termasuk penumpang pelajar dan lansia. Sehingga akan ada kesesuian tarif perjalanan untuk semua penumpang.

Thales TRANSCITY™ menjadi platform utama sistem dengan Thales yang bekerja di dalam konsorsium untuk menyelesaikan proyek dalam beberapa fase. Termasuk kontrak Operasi dan Pemeliharaan selama delapan tahun.

Pada fase pertama proyek, Thales akan menyediakan sistem tiket kode QR baru untuk pemungutan tarif, menghubungkan solusi MaaS dan aplikasi seluler.

Sistem ini akan mencakup fitur mobilitas yang ditingkatkan mengarah pada “end-to-end ticketing solution” di fase akhir, yang dapat menangani 5 juta transaksi setiap hari.

Baca juga: Kondisi Terkini Transportasi Jakarta, Kuncinya Ada di Integrasi

Konsorsium akan melakukan migrasi arsitektur berbasis kartu yang sudah ada ke system ABT sepenuhnya.

Adapun penumpang diperkirakan dapat mulai menggunakan solusi terintegrasi ini mulai Agustus 2022. 

Platform tiket baru yang dikembangkan oleh Thales ini diharapkan dapat mencapai 2 juta perjalanan setiap harinya.

Seiring target Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan pangsa penggunaan transportasi umum menjadi 60 persen dari semua pergerakan dan memperluas cakupannya menjadi 80 persen dari semua jalan di Jabodetabek pada 2029.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com