Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi Lahan Baru, Karawang International Industrial City Investasi Rp 1 Triliun

Kompas.com - 13/10/2021, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Karawang International Industrial City (KIIC) menginvestasikan Rp 1 triliun untuk perluasan lahan baru 105 hektar yang merupakan bagian dari total area 1.500 hektar.

Perluasan tersebut ditandai dengan pelaksanaan acara groundbreaking ceremony pada Selasa (12/10/2021) sebagai simbol akan dimulainya pengembangan dan pembangunan di area perluasan tersebut.

Direktur KIIC Sanny Iskandar menuturkan, pengembangan area baru ini tidak terlepas dari transformasi dunia usaha yang saat ini mulai menuju digitalisasi ekonomi. Sehingga, sektor sektor usaha tentunya akan terus berkembang mengikuti tren ini.

Baca juga: Karawang, Lokasi Pabrik Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara, Ini Fasilitasnya

Permintaan lahan industri juga cukup tinggi terutama industri seperti data center, electric vehicle, komponen pendukungnya, industri rantai pasok bagi e-commerce, dan sebagainya.

"Oleh karena itu, perluasan ini adalah bagian dari upaya KIIC guna menangkap momentum tersebut." sebut Sanny.

KIIC merupakan proyek joint venture antara Sinarmas Land dengan Itochu Corporation dari Jepang dan telah bekerja sama selama 30 tahun untuk mengembangkan kawasan industri di Karawang.

Berstatus sebagai Objek Vital Nasional (OVNI), KIIC mengutamakan layanan dan keamanan berinvestasi bagi para tenant.

Melalui perluasan lahan ini, KIIC optimistis mampu mencapai target penjualan sebesar Rp 750 miliar pada tahun 2022.

"Di area 105 Hektar yang baru ini, KIIC sudah dapat menerima investor,” tambah Sanny.

KIIC dilengkapi infrastruktur dan fasilitas yang sangat komprehensif guna mendukung keberlangsungan investasi salah salah satunya adalah tersedianya fasilitas Environmental Laboratory yang dapat melakukan uji sampel air limbah para tenant.

KIIC dikembangkan dengan konsep kawasan industri yang menggabungkan kegiatan industri manufaktur dan fasilitas yang terkait langsung dengan industri rental warehouse, rental factory and office, commercial area, dan lain-lain.

Terdapat sejumlah perusahaan yang telah mempercayakan investasinya di KIIC di antaranya Toyota, Yamaha, P & G, Philip Morris, Ajinomoto, Sharp, hingga Kao.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com