Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rute Apps" Platform Baru Mendeteksi Kepadatan Penumpang Transportasi di Jakarta

Kompas.com - 01/10/2021, 14:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rute Lintas Indonesia, sebuah perusahaan teknologi bidang transportasi meluncurkan aplikasi berbasis Artificial Intelligent (AI) dan Internet of Things (IoT)  "Rute Apps" yang dapat membantu mobilitas masyarakat di Jakarta.

Direktur Utama PT Rute Lintas Indonesia Adrianus Satrio mengatakan Rute Apps merupakan produk teknologi karya anak bangsa yang dirancang untuk menjadi platform yang bisa memberi rekomendasi rute perjalanan terbaik.

Selain itu juga dapat memfilter informasi kondisi darurat dari tweet transportasi, dan memantau posisi transportasi umum.

Aplikasi ini menyediakan navigasi lalu lintas dan menentukan posisi keberadaan layanan transportasi umum dengan tepat dan mengintegrasikan informasi moda transportasi di Jakarta seperti LRT Jakarta, MRT Jakarta, Transjakarta, Kereta Api (KA) Bandara dan Commuter Line dalam satu platform.

"Aplikasi mobilitas transportasi yang kami launching pada hari ini sangat cocok untuk mobilitas masyarakat perkotaan karena informasinya tidak hanya untuk trip planning, tetapi juga untuk safety security dan yang paling penting demand responsive sehingga dapat membuat kegiatan mobilitas lebih mudah," kata Satrio dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (01/10/2021).

Satrio menjelaskan dibanding dengan aplikasi lainnya, Rute Apps dirancang dengan tampilan yang lebih mudah, lebih lengkap dan adaptif.

Dengan teknologi AI dan IoT, Rute Apps masih akan terus dikembangkan salah satunya untuk dapat mendeteksi lalu lintas penumpang dan memberikan rekomendasi rute dan biaya transportasi di ibu kota.

"Misalnya kita ingin naik moda transportasi semisal Transjakarta atau kereta dari Menteng menuju Lebak Bulus. Maka dengan aplikasi ini nantinya akan dapat mengetahui bagaimana kepadatan penumpang, dan memberikan rekomendasi rute dan berapa biayanya," tutur dia.

Rute AppsKompas.com/ArdiansyahFadli Rute Apps

Fitur pendeteksi kepadatan lalu lintas penumpang ini akan diluncurkan secara resmi pada November 2022.

Perusahaan akan memasang CCTV sebagai alat pendeteksi kepadatan lalu lintas penumpang di berbagai halte dan stasiun transportasi di ibu kota.

Rute Apps dapat diunduh melalui aplikasi Play Store di android.

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, setiap orang akan diminta untuk melakukan registrasi dengan cara mengisi nama, email, nomor telepon, serta membuat password akun.

Saat ini, fitur yang tersedia di Rute Apps meliputi informasi rute berbagai moda transportasi publik di Jakarta seperti Transjakarta, Trans Kota Tangerang, Trans Patriot Bekasi, JR Connection, BSD Link, Royaltrans, bus sekolah, bus bandara dan yang lainnya.

Selain itu tersedia juga informasi rute kereta seperti Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan KA Bandara.

Uniknya, aplikasi ini juga menyediakan fitur rute sepeda dan kapal feri.

"Ini juga yang berbeda mungkin karena kami menyediakan rute trasnportasi sepeda dan juga kapal feri yang ada di daerah Angke," ucap dia.

Rute Apps juga menyediakan fitur cuaca, pengaduan dan informasi lalu lintas secara live, termasuk fitur pengaduan.

"Meski saat ini masih offline tapi nanti akan kami kembangkan melalui kerja sama dengan Jakarta Smart City dan juga pihak kepolisian agar pengaduannya dapat langsung diterima oleh mereka," pungkas Satrio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com