Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timbulkan Bau Busuk, Pabrik Bulu Ayam Ditutup

Kompas.com - 14/08/2021, 11:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Bau busuk menyengat hidung keluar dari pabrik pengolahan bulu ayam menjadi pakan ternak milik PT Anugerah Prima Indonesia (API) di Kawasan Industri Medan (KIM) 1, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medandeli, Kota Medan.

Warga sekitar pabrik sudah resah dan mengeluh agar wali kota mengambil tindakan.

Gayung bersambut, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan turun ke lokasi dan langsung menyegel pabrik.

Baca juga: Home Office Pertama di Medan Dibangun untuk Milenial

"Sesuai intruksi Pak Wali Kota, hari ini, PT API kita segel. Berdasarkan hasil kajian, pabrik ini sudah menyalahi aturan dan harus ditutup karena warga resah akibat bau menyengat yang ditimbulkan," kata Aulia dikutip dari rilis berita Diskominfo Medan yang diterima Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Aulia menegaskan, Pemkot Medan melalui dinas terkait sudah memberi peringatan agar pemilik pabrik memperhatikan dan mengkaji dampak polusi udara dan bau busuk yang dihasilkan.

"Sudah berulang kita peringatkan, namun pihak manajemen pabrik tetap membandel, tak ada respon. Kita tidak melarang orang berusaha, tapi perhatikan lingkungan sekitar. Baunya luar biasa, pakai masker juga tembus," ungkap Aulia.

"Kalau perusahaan mau buka, harus ada kajian dan analisis dari konsultan. Kalau melanggar aturan, izinnya kita cabut," sambung dia.

Sikap tegas Pemkot Medan diacungi jempol. Rubiah, warga Kelurahan Mabar sangat berterima kasih kepada Pemkot Medan yang sudah turun langsung melihat dan menutup pabrik.

"Keluhan kami warga di sini akhirnya terjawab. Terus terang, kami gak tahan. Baunya menyengat, sesak dada ini," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com