Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumah Naik Tipis

Kompas.com - 16/02/2021, 15:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga properti residensial atau rumah tapak tumbuh tipis selama Kuartal IV-2020.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryo mengatakan, berdasarkan Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) periode tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,43 persen secara tahunan atau year on year.

"Hal ini tecermin dari kenaikan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan IV-2020 sebesar 1,43 persen, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,51 persen (yoy)," kata Erwin dalam siaran pers, Selasa (16/02/2021).

Menurut Erwin, IHPR diperkirakan masih akan tumbuh terbatas pada Triwulan I-2021 sebesar 1,17 persen (yoy).

Baca juga: Harga Rumah Subsidi Tidak Naik

Selain harga, pertumbuhan juga terjadi pada volume penjualan rumah yang terus menunjukkan perbaikan meskipun kondisinya masih terkontraksi.

Pada Kuartal IV-2020, volume transaksi penjualan menjadi minus 20,59 (yoy) dari Kuartal sebelumnya yang tercatat mengalami kontraksi 30,93 persen (yoy).

"Penurunan penjualan properti residensial ini terjadi pada seluruh tipe rumah," ujarnya.

Kontraksi penjualan rumah ini disebabkan Pandemi Covid-19 dan diberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun demikian, Erwin menuturkan, hingga saat ini pembangunan rumah tapak masih tetap berlanjut, dengan pembiayaan non-perbankan masih menjadi andalan pengembang.

Terbukti, pada porsi dana internal pengembang untuk pembiayaan pembangunan rumah yang mencapai 65,46 persen dari total kebutuhan modal pada Trilwulan IV-2020.

"Untuk pembangunan properti residensial, pengembang masih mengandalkan pembiayaan non perbankan, sementara yang masih mengandalkan sumber dari perbankan itu dari sisi konsumen yaitu pembiayaan kreditnya," tuntas Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com