Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ari Wibowo Selalu Menolak Jalani Konseling Pernikahan, Inge: Dia Takut Konselornya Nge-Spill

Kompas.com - 07/06/2023, 14:42 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sudah sejak lima tahun lalu ingin bercerai dari Ari Wibowo, Inge Anugrah mengaku telah mengusahakan banyak cara untuk menyelamatkan pernikahannya.

Ketika mulai menyadari rumah tangganya tidak baik-baik saja, Inge tidak hanya mengajak Ari mencari solusi bersama, tapi juga berulang kali mengajak Ari Wibowo mendatangi konselor pernikahan.

"Berkali-kali aku minta konseling loh, tapi enggak pernah terjadi, karena dia enggak mau," ucap Inge dikutip dari YouTube dokter Richard Lee.

Ari menolaknya karena khawatir persoalan dalam rumah tangganya dibocorkan ke publik.

Baca juga: Inge Cerita Latar Belakang Pendidikan, Richard Lee: Orangtua Kamu Orang Mampu

"Dia enggak percaya akan confidentiality (kerahasiaan). Karena dia orang yang enggak percaya konseling, kita enggak pernah konseling," ujar Inge.

"Memang, takut konselornya nge-spill kalau kita punya masalah," imbuhnya.

Tak lelah mencoba, Inge tetap berusaha berulang kali meyakinkan Ari Wibowo untuk menemui konselor pernikahan.

Serta memberinya pengertian bahwa konselor ataupun Romo tidak mungkin membeberkan ke publik. Tapi Ari tetap tak bisa percaya begitu saja.

Baca juga: Cerita Inge Pernah Dibelikan Orangtua Apartemen Saat Kuliah di Luar Negeri, Dimana Sekarang?

"Di situ aku bilang bahwa kita punya masalah pernikahan, kita harus konseling," ujar Inge.

Berbeda dengan Ari yang menolak pergi ke konselor karena khawatir persoalan rumah tangganya dibocorkan, Inge berpikir menyelamatkan keutuhan rumah tangganya jauh lebih penting.

"Kalaupun sampai Indonesia tahu kita pergi ke konseling itu akan jadi hal yang positif, karena kita mengakui kita punya masalah dan ingin memperbaikinya dengan pergi ke konselor. Tapi itu enggak masuk ke dia," tutur Inge.

"Maksud aku, kalau memang pernikahan kita begitu penting, kenapa enggak itu dulu daripada nama baik?" imbuh Inge sambil tersenyum.

Akhirnya Inge menuruti Ari dan tetap menjalani kehidupan rumah tangga seperti biasa.

Namun bukan selesai persoalan, Inge justru merasa kesalahan terus berulang hingga membuatnya merasa lelah.

"Ada satu titik di mana dia bilang 'this is me, aku udah umur segini, enggak bisa berubah, accept me,'" ujar Inge.

"Tapi menurut aku, aku tahu kita enggak bisa mengubah seseorang, tapi kalau expect orang bisa berubah menjadi lebih baik dari yang sebelum aku jatuh cinta, kenapa enggak?" sambungnya.

Sebelumnya, Ari Wibowo mendaftarkan gugatan cerai terhadap istrinya, Inge Anugrah, ke PN Jakarta Selatan pada 3 April 2023.

Gugatan tersebut tercatat dengan nomor perkara 324/Pdt. G/2023/PN. Ari Wibowo dan Inge memutuskan berpisah setelah sudah menjalin rumah tangga selama 17 tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com