Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2022, 09:40 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selebgram Medina Zein terus menjadi sorotan warganet.

Pasalnya, nama Medina Zein kerap terseret dengan kasus-kasus hukum. Tak hanya dilaporkan, Medina Zein juga kerap melaporkan pihak lain.

Setelah beberapa kali mangkir dari panggilan polisi, Medina Zein akhirnya resmi ditahan.

Pada Kamis (7/7/2022) kemarin, Medina Zein dijemput paksa pihak penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Bandung, Jawa Barat.

Medina Zein ditahan karena laporan Uci Flowdea atas dugaan pengancaman berisi kekerasan lewat media sosial.

Mengenai hal ini, Kompas.com merangkum kasus-kasus yang menjerat nama Medina Zein hingga ke ranah hukum berdasarkan catatan pemberitaan.

Dugaan Penggelapan

Medina Zein sempat melaporkan artis peran Irwansyah ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat, terkait kasus dugaan penggelapan uang.

Baca juga: Medina Zein Resmi Ditahan di Rutan Polda Metro Jaya

Tak hanya Irwansyah, dalam laporan yang dibuat pada 18 Oktober 2019 itu, Medina Zein juga melaporkan seseorang bernama Fitra Olid.

Dalam kasus ini, Irwansyah dan Fitra Olid menjabat sebagai Komisaris PT Bandung Berkah Bersama. Sementara, Medina Zein merupakan Dewan Komisaris PT tersebut.

Medina Zein merasa dirugikan karena sebagai investor di perusahaan kuliner Bandung Makuta dari PT tersebut diduga ada banyak aliran dana gelap.

Dalam rekening koran dengan rentang waktu 2017 hingga 2019 yang dibeberkan Medina Zein, ditemukan aliran dana senilai Rp 1,950 miliar ke rekening Jannah Corp alias J-Crop yang merupakan milik Irwansyah.

Namun, saat itu penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) terkait kasus tersebut.

Medina Zein sempat mengajukan praperadilan ke Pengadilan atas SP3 polisi. Tetapi, majelis hakim menolak permohonan tersebut.

Pencemaran nama baik

Irwansyah akhirnya melaporkan balik Medina Zein ke Polres Metro Jakarta Selatan pada 31 Agustus 2020 karena merasa nama baiknya tercemar.

Baca juga: Medina Zein Dijemput Paksa, Lukman Azhari Bakal Ajukan Penangguhan Penahanan

Bukan hanya Medina Zein, suaminya yang bernama Lukman Azhari turut dipolisikan Irwansyah atas kasus dugaan pencemaran nama baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com