Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Star Wars Dukung Moses Ingram Usai Terima Banyak Pesan Rasis di Media Sosial

Kompas.com - 01/06/2022, 15:03 WIB
Cynthia Lova,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

Sumber EOnline

KOMPAS.com - Waralaba Star Wars mendukung aktor Moses Ingram yang menerima ratusan pesan dan komentar rasis di media sosialnya.

Dalam cuitannya, Star Wars mengaku bangga terhadap Moses Ingram yang baru saja memulai debutnya sebagai Reval dalam serial Disney+ berjudul Obi-Wan Kenobi.

"Jika ada yang berniat membuatnya merasa tidak diinginkan dengan cara apapun, kami hanya punya satu hal untuk dikatakan: kami menolak," tulis Star Wars dalam tweet-nya, dikutip dari EOnline, Rabu (1/6/2022).

"Ada lebih dari 20 juta spesies hidup di galaksi Star Wars, jangan memilih untuk menjadi rasis," lanjut Star Wars dalam cuitannya.

Baca juga: Serial Star Wars: Obi-Wan Kenobi Sudah Bisa Ditonton di Disney+ Hotstar

Moses Ingram mengunggah beberapa contoh pesan dan komentar rasis di Instagram.

Ingram mencatat bahwa ia telah menerima ratusan pesan, beberapa di antaranya termasuk N-Word.

"Tidak ada yang bisa dilakukan siapapun tentang ini. Tidak ada yang bisa dilakukan siapapun untuk menghentikan kebencian ini," kata Ingram, dalam sebuah video yang diunggah di fitur Instagram Story.

"Hal yang mengganggu saya adalah perasaan seperti ini, saya hanya harus diam dan menerimanya, saya hanya harus tersenyum dan menanggungnya. Dan saya tidak dibangun seperti itu," lanjutnya.

Baca juga: Serial Obi-Wan Kenobi, Cerita 10 Tahun setelah Star Wars: Revenge of the Sith

Pengalaman Moses Ingram setelah debutnya di Star Wars menjadi perbincangan.

Aktor John Boyega dan Kelly Marie Tran juga ikut berbicara tentang kebencian rasis yang mereka terima setelah tampil di film Star Wars.

Kelly Marie Tran, wanita kulit berwarna pertama yang memiliki peran utama dalam film Star Wars menulis sebuah opini di New York Times tentang pelecehan yang dierimanya setelah membintangi The Last Jedi pada tahun 2017.

Kebencian menjadi begitu kuat sehingga Tran meninggalkan media sosial dan menghabiskan waktu untuk terapi mental.

Bahkan, sebelumnya pada tahun 2014, penampilan John Boyega di trailer The Force Awakens memulai gerakan #BlackStormtrooper di media sosial secara keseluruhan, setelah banyak yang bereaksi terhadap castingnya dengan kecurigaan dan komentar rasis.

Baca juga: Star Wars: Vision Musim 2 Resmi Diumumkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com