Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Gugat Cerai Suami, Ini Usaha Nindy Ayunda Pertahankan Rumah Tangganya

Kompas.com - 27/01/2021, 15:32 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Nindy Ayunda, Herman Y Simarmata, mengatakan kliennya telah berupaya mempertahankan rumah tangganya dengan Askara Parasady Harsono meski mengalami KDRT.

Kendati demikian, Nindy sudah tidak kuat lagi dengan suaminya itu sehingga melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan.

"Nah, inilah yang dikatakan bahwa Nindy berusaha mempertahankan rumah tangganya supaya tidak ada perceraian," ungkap Herman saat ditemui di PA Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Lapor Alami KDRT, Nindy Ayunda Jalani Visum

"Cuma dengan kondisi yang sangat sudah bagaimana perasaannya, sehingga Nindy masukan gugatan perceraian," ucap Herman melanjutkan.

Herman berujar, pemilik nama lahir Anindia Yandirest Ayunda itu juga telah membicarakan secara kekeluargaan dengan Askara sebelum melayangkan gugatan cerai.

Hanya saja, kata Herman, Nindy tidak melihat ada perubahan di dalam diri suaminya itu dan menyebabkan gangguan psikologis dalam dirinya.

Baca juga: Diperiksa Kasus Kepemilikan Senjata Api Suaminya, Nindy Ayunda Berstatus Saksi

"Kalau secara kekeluargaan kita sudah, untuk supaya ya itulah, Nindy kan bertahan, mungkin tidak ada perubahan selama pertahanan dia untuk melanjut rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah," kata Herman.

Herman berujar, prahara rumah tangga Nindy Ayunda dan Askara Harsono bermula ketika adanya kesalahpahaman antar keduanya pada 2011.

Kemudian, Nindy Ayunda dan Askara dikatakan mulai cekcok pada 2012.

Baca juga: Nindy Ayunda Dicecar 17 Pertanyaan Berkait Kasus Senjata Api Suaminya

Akhirnya, Nindy Ayunda disebut mengalami KDRT secara fisik dan memutuskan untuk melaporkan Askara pada 19 Desember 2020 ke Polres Jakarta Selatan.

"Jadi 8 tahun dalam proses rumah tangga itukan (percekcokan). Tetapi semua kejadian yang psikis atau fisik itu kan enggak tahu, itukan cuma Nindy yang tahu," kata Herman.

Oleh karena itu, Herman menegaskan tidak ada relevansinya antara perceraian dan penangkapan Askara Harsono terkait kasus dugaan narkoba dan kepemilikan senjata api.

Baca juga: Jalani Pemeriksaan, Nindy Ayunda Sekaligus Jenguk Sang Suami

Nindy Ayunda menggugat cerai Askara Parasady Harsono ke PA Jakarta Selatan dengan nomor 230/Pdt.G/2021/PA.JS pada 12 Januari 2021.

Nindy Ayunda dan Aska Harsono telah menikah sejak 2011. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua anak yang masih berusia sembilan dan lima tahun.

Menjelang akhir tahun 2020, Nindy Ayunda dan Askara merayakan ulang tahun ke-9 pernikahan saat berlibur di Kota Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Nindy Ayunda Alami KDRT karena Suami Punya Sifat Temperamen

Lima hari sebelum melayangkan gugatan cerai, Askara Harsono ditangkap Satresnarkoba Polres Jakarta Barat terkait kasus dugaan narkoba.

Selain narkotika, polisi juga menyita senjata api yang diduga milik suami Nindy Ayunda tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com