Alasan Kuasa Hukum Raffi Ahmad Tak Bawa Surat Kuasa hingga Sidang Ditunda

Kompas.com - 27/01/2021, 14:46 WIB
Raffi Ahmad bicara soal gurauan Vicky Prasetyo meminta sponsor pernikahan. (Bidikan layar Starpro Indonesia). KOMPAS.com/Revi C Rantung Raffi Ahmad bicara soal gurauan Vicky Prasetyo meminta sponsor pernikahan. (Bidikan layar Starpro Indonesia).

DEPOK, KOMPAS.com - Sidang perdana kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, Rabu (27/1/2021, dengan tergugat Raffi Ahmad, ditunda.

Hal itu karena Jonathan Tampubolon yang mengaku sebagai kuasa hukum Raffi, tidak membawa surat kuasa sehingga dianggap tidak sah.

Jonathan lalu menjelaskan, Raffi Ahmad memintanya menjadi kuasa hukum sejak pekan lalu.

Baca juga: Pesan Raffi Ahmad Usai Divaksin Covid-19 Dosis Kedua

Kendati demikian, Jonatan mengaku sampai saat ini belum menerima surat kuasa dengan alasan protokol kesehatan.

"(Minta jadi kuasa hukum) minggu lalu. Belum (terima surat kuasa) karena protokol kesehatan dan sebagainya," kata Jonathan di PN Depok, Jawa Barat, Rabu (27/1/2021).

Sementara Raffi sendiri tidak hadir ke persidangan lantaran menjadi salah satu penerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Istana Merdeka pada pagi tadi.

Baca juga: Raffi Ahmad Mangkir dari Sidang Dugaan Pelanggaran Prokes, Ini Alasannya

"Enggak (hadir), kuasanya saja. Itu tadi, jujur tadi malam kami enggak komunikasi sama sekali secara langsung. Kalau dari media, kami lihat hari ini vaksin kan," kata Jonathan.

Sebelumnya, pengacara David Tobing menggugat Raffi Ahmad ke Pengadilan Negeri Depok, Jumat (15/1/2021).

David memaparkan, dalam gugatan dengan nomor register PN DPK-012021GV1, yang dikenakan kepada Raffi adalah gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

Baca juga: Selesai Divaksin Covid-19 Dosis Kedua, Raffi Ahmad Mengantuk

David berpendapat, Raffi melanggar aturan terkait protokol kesehatan, seperti Pergub DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021, Perda DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020, atau Undang Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X