Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2024, 07:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membersihkan rumah, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, seperti membuat rumah bersih, tertata, harum, dan paling penting menjauhkan hama.

Namun, para ahli pengendalian hama mengatakan cara Anda menjaga kebersihan dan kerapian atau tidak dapat membuat rumah terlihat seperti lingkungan yang ramah bagi serangga serta menarik laba-laba pada khususnya. 

Baca juga: 7 Penyebab Laba-laba Masuk ke Rumah dan Cara Mencegahnya

Sebetulnya, kehadiran laba-laba di rumah menandakan hunian yang kotor, tidak terawat, serta banyaknya hama.  

Laba-laba dikenal sebagai bentuk pengendalian hama alami karena memangsa serangga yang menginvasi rumah dan merusak kebun.

Namun, kehadiran laba-laba di rumah bukan sesuatu yang bisa diabaikan karena berbuku-buku (arthropoda) ini bisa berkembang biak dengan cepat atau setidaknya meninggalkan kekacauan serius akibat sarang laba-laba.

Ditambah lagi, bila laba-laba hadir dalam jumlah banyak dan telah menginvasi rumah. Maka itu, penting segera membasmi laba-laba dari rumah dengan tidak melakukan pembersihan yang salah. 

Dikutip dari Best Life Online, Selasa (23/4/2024), sejumlah hal yang dapat menarik laba-laba ke rumah

Baca juga: 5 Cara Alami Membasmi Laba-laba dari Rumah

Menunggu untuk mencuci buah 

Ilustrasi laba-laba di rumah.Shutterstock/Christine Bird Ilustrasi laba-laba di rumah.
Banyak di antara kita yang baru mencuci buah ketika ingin mengonsumsinya dan buah diletakkan begitu saja. 

Padahal, Jordan Foster, ahli hama dari Fantastic Pest Control, mengatakan selain menarik lalat, buah dapat menarik laba-laba. 

"Serangga menganggap anggur sangat menarik sehingga laba-laba lebih cenderung menenun jaring di antara dan di sekelilingnya. Jadi, bersihkan buah dengan baik setelah membelinya dari supermarket untuk berjaga-jaga dari laba-laba," saran Foster.

Meninggalkan makanan hewan peliharaan

Selanjutnya, hal yang dapat menarik laba-laba ke rumah adalah meninggalkan makanan hewan peliharaan sembarangan. 

Meninggalkan makanan hewan peliharaan Anda di lantai akan menjadi tempat menarik bagi serangga untuk bersembunyi dan laba-laba akan segera mengikutinya.

"Jika memiliki hewan peliharaan, pastikan membersihkan tempat makanannya secara teratur. Selain itu, simpan makanan hewan peliharaan dalam wadah kedap udara," kata Foster. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Laba-laba dari Rumah Secara Alami dan Efektif

Membiarkan serangga lain berkembang 

Jika memiliki lalat yang berdengung di sekitar rumah, semut di mangkuk gula, atau masalah kecoak yang tidak terkendali, Anda juga mempunyai masalah dengan laba-laba.

Stefan Bucur, ahli kebersihan dan pengorganisasian sekaligus pendiri Rhythm of the Home--platform seputar rumah dan taman--mengatakan salah satu kebiasaan paling umum, tetapi kurang diketahui yang menarik laba-laba ke rumah adalah adanya serangga lain di rumah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com