Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2024, 20:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja dapur merupakan perlengkapan penting di dapur. Namun, memilih meja dapur menjadi tantangan tersendiri. 

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih meja dapur, mulai dari daya tahan, cara perawatan, ukuran, hingga bentuk meja. Selain itu, meja dapur juga harus fungsional, sehingga lebih praktis. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Meja Dapur Terlihat Lebih Cantik

Sama seperti perlengkapan dapur lainnya, meja dapur juga selalu mengikuti tren terkini. Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (13/3/2024), berikut tren meja dapur 2024 yang bisa menjadi pilihan. 

Meja dapur dengan ketinggian berbeda

Ilustrasi meja dapur, meja dapur granit. SHUTTERSTOCK/STUDIO LIGHT AND SHADE Ilustrasi meja dapur, meja dapur granit.

Salah satu tren meja dapur yang sedang banyak digemari yaitu menggunakan meja dapur dengan ketinggian berbeda. 

Charlotte Hughes, manajer ritel di Cosentino mengatakan bahwa menggabungkan permukaan kerja yang ramping dan lebih besar akan menghasilkan tampilan yang menarik.

Baca juga: 6 Keunggulan Menggunakan Meja Dapur Hitam, Tampak Modern

Maka dari itu, Charlotte menyarankan untuk memadukan meja dapur tebal dengan meja dapur kecil. 

Meja dengan permukaan kasar dan halus

Selain memadukan meja dengan ketinggian berbeda, tren meja dapur 2024 lainnya yaitu menggabungkan meja dengan permukaan kasar dan halus. 

Artem Korpovinsky, desainer interior mengatakan bahwa batu kasar yang diukir dengan tangan disandingkan dengan permukaan meja yang dipoles halus akan membentuk interaksi dinamis antara tekstur dan kualitas permukaan meja. 

Tekstur yang kontras akan membuat dapur modern terlihat cantik sekaligus fungsional. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Meja Dapur Tetap Rapi dan Nyaman Digunakan

Meja dapur dengan warna berlawanan

Untuk membuat dapur terlihat semakin menarik, pilihlah meja dengan warna yang berlawanan. Misalnya, menggunakan meja marmer berwarna gelap yang dikombinasikan dengan kabinet berwarna putih bersih. 

Warna yang berbeda memberikan tampilan yang kontras dan mencolok, sehingga bisa menjadi daya tarik ruangan. Namun, pastikan perpaduan warna tersebut tetap terlihat serasi. 

Meja teraso

Ilustrasi meja dapur hitam.Shutterstock/lunamarina Ilustrasi meja dapur hitam.

Tren meja dapur 2024 lainnya yaitu meja teraso. Ruth Milne, pendiri Studi Milne, mengatakan bahwa material teraso bisa memberikan kesan alami dan menambah tekstur di dapur. 

Selain itu, material teraso juga lebih tahan lama dan ramah lingkungan karena terkadang terbuat dari bahan daur ulang seperti serpihan batu atau pecahan kaca. 

Baca juga: 4 Cara Menata Meja Dapur agar Tetap Rapi dan Teratur

Meja ubin

Ubin tak hanya digunakan untuk melapisi lantai, namun juga bisa dipasang sebagai permukaan meja. Meja ubin akan membuat dapur terlihat lebih menarik. 

Krystyna Martin-Dominguez, pendiri K-Space Interiors mengatakan bahwa meja keramik bisa menjadi alternatif yang murah dibandingkan meja batu atau kuarsa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com