Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Wajan Antilengket, Bikin Rusak

Kompas.com - 22/02/2024, 13:07 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan antilengket menjadi peralatan masak yang populer dan banyak diminati. 

Hal ini karena memiliki keunggulan dalam mencegah makanan lengkat pada permukaan wajan sehingga memasak menjadi lebih mudah dan menghemat minyak. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Wajan Gosong dengan Bahan Alami

Permukaan antilengkat ini berkat lapisan bahan kimia yang dikenal sebagai PTFE (polytetrafluoroethylene) yang ada pada wajan.

PTFE termasuk dalam keluarga bahan kimia yang dikenal sebagai PFAS atau zat per dan poli-fluoroalkil.

Terkadang PTFE juga disebut "bahan kimia selamanya" karena dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun di dalam tubuh kita serta terurai dengan sangat lambat, bahkan tidak terurai sama sekali di lingkungan. 

Namun, para ahli yang diwawancarai Consumer Reports mencatat bahwa menggunakan panci berlapis PTFE dalam kondisi baik tidak akan membuat Anda terkena PFAS berbahaya tingkat tinggi. 

Akan tetapi, beberapa orang membatasi paparan tersebut dengan memilih menghindari menggunakan wajan antilengket.  

Baca juga: 6 Cara Merawat Wajan Besi Cor agar Tahan Lama

Ditambah, seiring waktu, permukaan antilengkat pada wajan bisa hilang atu rusak sehingga menyebabkannya makanan bisa lengket. 

Gillian Z. Miller, ilmuwan senior di Ecology Centeri—sebuah kelompok nirlaba yang berfokus pada lingkungan di Michigan, Amerika Serikati—menyarankan segera membuang wajan antilengket yang lapisan antilengket mulai terlihat terkelupas atau tergores. 

 

Namun, perawatan tepat dapat membuat wajan antilengket bertahan lebih lama. Selain itu, menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan juga menjaga lapisan antilengket dapat bertahan lebih lama dari waktu pemakaiannya. 

Dilansir dari Consumer Reports, Kamis (22/2/2024), berikut sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan pada wajan antilengket

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Wajan Gosong agar Terlihat Baru

Hindari peralatan logam 

Ilustrasi wajan antilengket tergores. SHUTTERSTOCK/MALIFLOWER73 Ilustrasi wajan antilengket tergores.
Logam dapat mengikis atau mengotori permukaan antilengket, menyebabkan makanan menjadi lengket, dan membuat wajan antilengket sulit dibersihkan, bahkan serpihannya dapat terjatuh dalam masakan.

Karena itu, setelah lapisan antilengkat rusak, Anda harus membuang wajan. Sebagai solusi, sebaiknya menggunakan peralatan masak berbahan silikon atau kayu agar permukaan wajan antilengket teflon tidak saling bergesekan yang dapat merusak lapisan antilengket.

Jangan menumpuk

Selanjutnya, hal yang tidak boleh dilakukan pada wajan antilengket adalah jangan menumpuknya.

Hal ini dapat membuat lapisan antilengket setiap wajan menggores permukaan wajan lainnya. Calphalon, merek wajan antilengket, memperingatkan pemilik tidak menumpuk wajan atau menyimpan tutup di antara keduanya dapat membatalkan garansi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com