Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Barang yang Harus Segera Dibuang dari Dapur, Ini Alasannya

Kompas.com - 21/02/2024, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan jantung sekaligus rruangan tersibuk di rumah. Pasalnya, dapur menjadi tempat memasak sekaligus menyiapkan makanan. 

Selain itu, dapur menyimpan sejumlah peralatan dan bahan memasak. Bahkan barang-barang yang tidak seharusnya dan sudah kedaluwarsa juga berada di dapur. 

Baca juga: Bikin Nyesel, 3 Tempat Penyimpanan Dapur Ini Sebaiknya Tidak Dibeli

Tak heran, bila dapur rentan mengalami berantakan dan kotor. Maka itu, perlu membersihkan barang-barang yang terlupakan, kedaluwarsa, tidak cocok, atau rusak sehingga memungkinkan Anda mengoptimalkan penyimpanan dapur.

Jangan lupa membersihkan rak dan laci lemari yang kosong secara menyeluruh sebelum mengisinya kembali dengan barang baru.

Nah, disadur dari Better Homes and Gardens, Rabu (21/2/2024), berikut sejumlah barang yang harus segera dibuang dari dapur.

Minyak goreng

Ilustrasi minyak goreng.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi minyak goreng.
Keluarkan semua minyak goreng dari rak lemari, periksa tanggal kedaluwarsa, buka tutupnya untuk memastikan bagian leher tidak terkelupas, serta cium dan gunakan minyak untuk memastikannya masih enak.

Selain itu, buang botol pecah-pecah, minyak tengik, dan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Mary Findley, pakar pembersihan, mengatakan tidak peduli seberapa hati-hati menutup botol minyak goreng hingga kencang, minyak cenderung bocor. 

Dia menyarankan membersihkan botol minyak goreng yang ingin disimpan dan mencuci rak dengan air sabun sebelum mengembalikan minyak ke tempatnya. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Meja Dapur Terlihat Lebih Cantik

Bumbu yang sudah kedaluwarsa 

Selanjutnya, barang yang harus segera dibuang dari dapur adalah bumbu yang sudah kedaluwarsa.

Jika tidak dapat menemukan tanggal kedaluwarsa, jepit bumbu di antara jari-jari Anda. Apabila sudah tidak berbau khas lagi, berarti sudah lewat tanggal pakainya.

Findley menyarankan membuang bumbu kedaluwarsa dari rak bumbu, membersihkan dan mengeringkan stoples, serta mengisinya kembali dengan bumbu dan rempah organik yang dibeli dalam jumlah besar.

Dengan demikian, dapat menghemat uang, menikmati bumbu yang lebih enak, serta mengurangi sampah. 

Baca juga: 6 Keunggulan Menggunakan Meja Dapur Hitam, Tampak Modern

Wadah plastik 

Ilustrasi wadah plastik.Shutterstock/timquo Ilustrasi wadah plastik.
Wadah plastik juga menjadi barang yang harus segera dibuang dari dapur. Pilih tumpukan wadah plastik yang campur aduk untuk mengosongkan ruang lemari dan membuat operasional penyimpanan berjalan lebih lancar.

Pelatih kebersihan Leslie Reichert menyarankan mengeluarkan semua wadah plastik, mencocokkan tutup dengan wadahnya, dan membuang komponen yang tidak cocok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com