Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Alkohol Gosok, Bisa Rusak

Kompas.com - 13/02/2024, 07:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alkohol gosok atau isopropil tak hanya digunakan untuk membersihkan luka, tetapi juga berbagai benda serta permukaan. 

Alkohol gosok juga merupakan salah satu pertahanan terbaik terhadap kotoran yang tampaknya tidak mungkin dihilangkan, seperti sisa permen karet, sisa stiker, bahkan getah. 

Baca juga: 7 Cara Membasmi Kutu Putih, Pakai Alkohol hingga Sabun Cuci Piring

Ada begitu banyak benda yang dapat dibersihkan dengan alkohol gosok dengan mencampur alkohol isopropil 70 persen dan air untuk membuat pembersih buatan sendiri sehingga mudah berasumsi alkohol dapat digunakan untuk permukaan apa saja. 

Namun, ada beberapa permukaan dan bahan yang dapat bereaksi buruk terhadap alkohol dan penting mengingat hal ini saat membersihkan rumah.

Jadi, penting menghindari membersihkan menggunakan alkohol gosok demi menjaga barang-barang halus atau berharga dalam kondisi terbaiknya

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (13/2/2024), berikut benda yang tidak boleh dibersihkan dengan alkohol gosok

Baca juga: 6 Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah

Wadah akrilik bening

Ilustrasi wadah makanan, wadah plastik.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi wadah makanan, wadah plastik.
Wadah akrilik bening lebih populer dari sebelumnya, terutama di ruangan seperti dapur dan kulkas. Akrilik merupakan jenis plastik tahan lama dan sebening kristal.

Karena itu, sebaiknya, tidak membersihkannya dengan alkohol gosok karena dapat mengubah warna wadah atau membuatnya tampak keruh.

Hal ini juga dapat mulai merusak plastik dan lama-kelamaan menyebabkannya retak. Jika menggunakan wadah akrilik untuk menyortir produk di kulkas, hal ini membuat wadah tersebut rentan menjadi sarang bakteri.

Sebaiknya, hindari membersihkan benda plastik apa pun dengan alkohol. Sebagai gantinya, bersihkan akrilik dan plastik dengan kain mikrofiber yang lembut atau cuci tangan menggunakan sabun lembut, air, serta spons non-abrasif. 

Selain itu, jangan memasukkannya ke mesin pencuci piring karena panas tinggi akan membuatnya melengkung. Keringkan barang dengan kain lembut serupa untuk mencegah goresan. 

Baca juga: Catat, 7 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan Pakai Alkohol Gosok

Granit dan marmer

Selanjutnya, benda yang tidak boleh dibersihkan dengan alkohol gosok adalah granit dan marmer.

Kedua bahan batu tersebut berpori sehingga rentan terhadap efek keras alkohol. Alkohol gosok tidak hanya dapat mengubah warna granit dan marmer, tetapi pada akhirnya mengikis bahan penyegel apa pun yang telah digunakan untuk melindunginya.

Hal ini dapat menyebabkan noda, goresan, dan noda yang tidak sedap dipandang pada meja granit atau marmer.  

Namun, untuk perawatan sehari-hari, cukup campurkan sabun cuci piring dengan air dan seka permukaannya dengan kain lembut atau spons. 

Baca juga: 7 Manfaat Alkohol Gosok untuk Tanaman, Basmi Gulma dan Bersihkan Daun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com