Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Desain Pintu Kayu, Bikin Rumah Terlihat Menarik

Kompas.com - 06/02/2024, 17:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace


JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu kayu merupakan jenis pintu paling populer. Pintu kayu bisa memberikan nuansa hangat dan membuat rumah lebih menarik.

Pintu kayu juga tak lekang oleh zaman, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai tren desain rumah. Pilihan kayu untuk pintu juga sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kusen Pintu Kayu yang Bagus dan Kuat

Desain pintu juga bisa disesuaikan dengan desain rumah. Dilansir dari Livspace, Selasa (6/2/2024), berikut ide desain pintu kayu yang membuat rumah terlihat menarik.

Desain pintu ganda

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.Shutterstock/David Papazian Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.

Untuk pintu utama, disarankan menggunakan desain pintu ganda. Dengan demikian, area masuk rumah lebih luas, sehingga mobilitas tidak terganggu terutama saat memindahkan furnitur.

Selain itu, pintu ganda juga bisa meningkatkan nilai jual rumah. Tampilan pintu ganda juga membuat rumah terlihat lebih mewah dan elegan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Pintu Kayu

Pintu kayu berwarna putih

Putih menjadi salah satu warna yang banyak disukai. Warna putih bisa diaplikasikan ke berbagai ornamen dekorasi rumah, termasuk pintu.

Desain pintu kayu berbentuk balok persegi sangat cocok saat dihias dengan warna putih. Warna cerah ini membuat pintu terlihat bersih dan lapang.

Desain pintu lipat

Ide desain pintu kayu lainnya yaitu pintu lipat yang dipadukan dengan kaca. Pintu digunakan sebagai desain kerangka, sedangkan bagian tengah pintu dipasang kaca.

Desain pintu ini cocok dipasang di tengah ruangan sebagai partisi untuk memisahkan dua ruangan. Pintu lipat cocok untuk rumah sempit karena tidak memakan banyak ruang.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kusen Jendela dan Pintu Kayu Berayap

Desain pintu geser

Selain pintu lipat, desain pintu rumah dari kayu juga bisa dibuat menjadi pintu geser. Sama seperti pintu lipat, pintu geser juga dapat dikombinasikan dengan material kaca.

Pintu geser ini bisa melengkapi estetika ruangan dan membuat ruangan terasa lebih terang dan luas. Pintu geser juga cocok untuk rumah kecil yang tidak memiliki banyak ruang kosong.

Pintu kayu abstrak berwarna hitam

ilustrasi pintu abu-abuShutterstock/Wilm Ihlenfeld ilustrasi pintu abu-abu

Desain abstrak membuat pintu rumah terlihat estetik. Desain abstrak cocok dipadukan dengan warna gelap seperti warna hitam.

Tambahkan juga pegangan pintu dari kuningan yang memberikan kesan anggun, mewah, dan elegan. Desain pintu ini cocok untuk digunakan pada pintu utama.

Baca juga: 7 Ide Pintu Depan Rumah Berwarna Abu-Abu

Pintu kayu geometris

Terakhir, ide desain pintu kayu lainnya yaitu pintu kayu geometris. Desain pintu ini membuat rumah terlihat memukau.

Gunakan dua warna yaitu cokelat dan putih untuk membuat pintu terlihat canggih, manis, dan estetik. Pintu kayu geometris bisa digunakan pada pintu utama agar rumah terlihat cantik dan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com