Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2024, 19:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela kaca akan membuat ruamh lebih terang karena cahaya alami bisa masuk ke dalam rumah dengan leluasa. Selain itu, dengan adanya jendela kaca, maka pemandangan luar rumah bisa terlihat dengan jelas.

Jendela kaca perlu rutin dibersihkan agar tetap jernih dan nyaman saat dipandang. Akan tetapi, saat membersihkan jendela kaca harus dilakukan dengan hati-hati.

Baca juga: Cara Menghilangkan Goresan di Furnitur Kayu Pakai Kayu Manis Bubuk

Sebab, proses membersihkan yang tidak benar justru bisa membuat jendela kaca tergores. Akibatnya, jendela kaca menjadi buram dan kurang menarik.

Tapi tak perlu risau karena ternyata goresan pada kaca bisa diatasi menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Dikutip dari Architectural Digest, Minggu (14/1/2024), berikut ini cara menghilangkan goresan di jendela kaca.

Oleskan cat kuku bening

Ilistrasi menghilangkan goresan di kacaShutterstock/New Africa Ilistrasi menghilangkan goresan di kaca

Cat kuku bening merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan goresan di kaca. Bahan transparan ini akan menyatu sempurna dengan kaca dan mengisi goresan di permukaan tersebut.

Cat kuku akan menyerap ke dalam alur goresan dan membentuk segel kuat dan tak terlihat. Cara menghilangkan goresan di jendela kaca menggunakan cat kuku bening, seperti berikut:

Baca juga: Kegunaan Lain Aseton di Rumah Selain untuk Bersihkan Cat Kuku

  • Oleskan tipis-tipis di area yang tergores menggunakan kuas aplikator.
  • Lalu, biarkan selama satu jam atau sampai cat kuku kering.
  • Setelah kering, gunakan kain lembut dan bersih yang diberi penghapus cat kuku atau aseton untuk menghilangkan sisa cat kuku. Pastikan tidak menghilangkan cat kuku di area goresan.

Soda kue

Selain cat kuku bening, soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan goresan di jendela kaca. Caranya, campurkan soda kue ke dalam air sampai membentuk pasta.

Selanjutnya, celupkan kain lembut ke dalam pasta soda kue, kemudian oleskan pasta soda kue ke kaca yang tergores dengan gerakan memutar selama 30 detik.

Berikutnya, cek goresan. Jika masuk terlihat, maka oleskan lagi pasta soda kue tersebut. Terakhir, gunakan air untuk membilas sisa soda kue dan keringkan kaca dengan kain bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Nat Lantai Keramik, Bisa Pakai Soda Kue

Pasta gigi

Cara menghilangkan goresan di jendela kaca juga bisa menggunakan pasta gigi. Caranya oleskan pasta gigi ke kain lembap.

Lalu, usapkan kain yang sudah diolesi pasta gigi dengan gerakan memutar selama kurang lebih 30 detik. Berikutnya, bersihkan sisa pasta gigi dan cek hasilnya.

Ulangi langkah tersebut dan gunakan lebih banyak pasta gigi apabila goresan masih terlihat. Setelah semua goresan hilang, bersihkan jendela kaca dengan kain lembap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com