Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2024, 18:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur yang didekorasi dengan baik akan memberikan kenyamanan saat istirahat di ruangan tersebut.

Skema warna, pencahayaan, item dekorasi, dan furnitur yang digunakan di kamar tidur bisa mempengaruhi suasana hati.

Baca juga: 5 Cara Mendesain Dinding Belakang Tempat Tidur Tanpa Sandaran Kepala

Mendekorasi dinding kamar tidur, khususnya dinding di belakang tempat tidur harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, dinding merupakan salah satu titik fokus di ruangan tersebut, sehingga dekorasi yang ditempelkan di dinding jangan sampai membuat kamar terlihat suram dan kurang nyaman.

Dikutip dari Chique Home Living, Sabtu (13/1/2024), berikut ini beberapa ide desain dinding belakang tempat tidur yang bisa diterapkan.

Buat dinding aksen

Ilustrasi dinding aksen kamar tidur farmhouse. Shutterstock/David Papazian Ilustrasi dinding aksen kamar tidur farmhouse.

Dinding aksen adalah dinding yang dibuat berbeda dari dinding lain di satu ruangan yang sama. Dinding aksen dibuat dengan tujuan untuk menciptakan titik fokus di ruangan tersebut.

Dinding aksen bisa menambah kedalaman dan dimensi, kontras warna, serta menonjolkan fitur arsitektur. Dengan membuat dinding aksen di belakang tempat tidur, maka area tersebut akan terlihat lebih menarik dan menjadi titik fokus ruangan.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Membuat Dinding Aksen di Rumah

Menempelkan lukisan atau foto

ide desain dinding belakang tempat tidur yaitu menempelkan lukisan atau foto di area tersebut. Hiasan tersebut bisa membantu menciptakan titik fokus di kamar tidur dan memungkinkan pemilik kamar untuk menampilkan kepribadian, kreativitas, dan minat.

Letakkan lukisan atau foto dengan rapi agar terlihat serasi dan nyaman saat dipandang. Jika memungkinkan gunakan pigura berwarna senada agar tampilan dinding belakang tempat tidur terlihat estetik.

Pasang wallpaper bermotif alam

Wallpaper bermotif alami seperti dedaunan dan bunga akan terlihat menarik saat dipasang di dinding belakang tempat tidur.

Wallpaper bermotif alami juga bisa membantu menciptakan suasana tenang. Tak hanya itu, wallpaper dinding juga memiliki banyak warna, tekstur, dan pola yang bisa dipilih sesuai dengan kesenangan.

Baca juga: Ide Wallpaper untuk Kamar Tidur dan Cara Memilihnya

Padukan wallpaper dan panel

Selain dipasang sebagai hiasan tunggal, wallpaper juga bisa digabungkan dengan panel yang membuat area belakang tempat tidur terlihat lebih menarik.

Wallpaper dipasang di dinding bagian atas, sedangkan panel ditempatkan di dinding bagian bawah. Kombinasi keduanya bisa menciptakan ruang yang harmonis dan menarik secara visual.

Cat dinding dengan warna sage green

Ilustrasi kamar tidur dengan furnitur kayuSHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi kamar tidur dengan furnitur kayu

Sage green adalah warna hijau keabu-abuan yang lembut. Warna ini bisa memancarkan suasana tenang dan nyaman.

Penggunaan warna sage green bisa membuat tidur lebih tenang dan berkualitas. Selain itu sage green juga termasuk warna bisa dipadukan dengan berbagai warna lain dan gaya desain apapun.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Sage Green

Pasang rak terbuka di atas tempat tidur

Terakhir, ide desain dinding belakang tempat tidur yaitu memasak rak terbuka di atas tempat tidur. Selain sebagai dekorasi ruangan, rak juga berguna sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Rak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan buku, karya seni, lilin aroma terapi, atau tanaman dekorasi yang dapat mempercantik ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com