Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mencuci Pakaian Tamu yang Menginap agar Tidak Rusak

Kompas.com - 12/01/2024, 21:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menerima tamu yang bermalam dapat menambah tugas mencuci  secara drastis. Sebab, Anda harus mencuci seprai dan sarung bantal, selimut, bahkan pakaian tamu. 

Sebelum mulai mencuci, sebaiknya mengetahui apa yang harus dicuci sebelum tamu tiba, produk mana yang terbaik untuk kemungkinan alergi, dan cara mengatasi tambahan pada cucian. 

Baca juga: Berapa Banyak Detergen yang Digunakan untuk Mencuci Pakaian?

Jennifer Ahoni, ilmuwan utama perawatan kain P&G, menjelaskan mengambil beberapa kiat mencuci pakaian untuk menghemat waktu dapat berguna, tetapi penting memilih metode yang tidak berisiko merusak cucian tamu.

Pertimbangkan cara melakukan penyortiran cucian terlebih dahulu, seperti meletakkan keranjang cucian di ruang tamu untuk membantu tamu melakukan penyortiran terlebih dahulu atau menyimpan produk cucian sebelum mereka tiba. 

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Jumat (12/1/2024), berikut sejumlah cara mencuci pakaian tamu yang menginap. 

Baca juga: Ide Dekorasi Ruang Tamu Bergaya Boho yang Cantik dan Modern

Pilih wewangian yang lembut 

Ilustrasi deterjen, deterjen bubuk dan deterjen cair.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi deterjen, deterjen bubuk dan deterjen cair.
Menurut P&G, semua orang menyukai aroma cucian yang baru dicuci. Namun, Jennifer menyarankan umenanyakan kepada tamu jenis wewangian apa yang mereka sukai sebelum mulai mencuci pakaian mereka. 

Sebab, beberapa wewangian yang kuat dapat menjengkelkan bagi sebagian orang.

"Saya merekomendasikan mencuci seprai dan handuk tamu dengan detergen Tide PODs Light untuk memberikan hasil bersihtanpa pewangi yang berat dan menggunakan pengharum kain untuk memberikan aroma tahan lama dan tidak terlalu menyengat." 

Jika memiliki tamu yang tidak menyukai wewangian atau kulit sensitif, disarankan  menggunakan pakaian bebas pewangi, yang memberikan pembersih ampuh cukup lembut untuk kulit sensitif. 

"Menggunakan produk bebas pewangi juga merupakan pilihan baik jika Anda tidak bisa menanyakan preferensi tamu Anda sebelumnya," tambah Jennifer. 

Untuk cucian tertentu, seperti handuk, dgunakan cuka putih jika ingin menghilangkan bau dan melembutkan kain tanpa sisa wewangian sama sekali. 

Baca juga: Ketahui, Ini Suhu Air Terbaik Mencuci Pakaian Putih di Mesin Cuci

Pastikan semua handuk dan seprai sudah dicuci 

Selanjutnya, cara mencuci pakaian tamu yang menginap adalah mencuci semua handuk dan seprai. Gunakan detergen berkekuatan ringan dengan pencucian lembut untuk pembersihan menyeluruh serta menghilangkan bau dan kotoran tak kasat mata. 

Untuk menjaga linen tamu tetap segar lebih lama di antara pencucian, Anda dapat menggunakan pengharum kain dengan memasukkannya langsung ke drum mesin cuci sebelum siklus pencucian.

Ini ideal untuk tamu yang mungkin tidak akan menginap lebih dari seminggu serta membantu menjaga seprai tetap segar saat tidak mencuci ulang. 

Baca juga: Haruskah Mencuci Pakaian Baru Sebelum Mengenakannya?

Periksa beban maksimum mesin cuci dan hindari overloading 

Ilustrasi mencuci pakaian. Shutterstock/New Africa Ilustrasi mencuci pakaian.
Jika tamu menginap lebih lama, ini artinya  bertambahnya jumlah cucian secara tiba-tiba, Di sinilah, memahami beban maksimum mesin cuci dapat membantu menyelesaikan semuanya lebih cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com