Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Jejak Kaki di Lantai Ubin Agar Semakin Kinclong

Kompas.com - 30/12/2023, 14:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai ubin dapat membuat dapur atau kamar mandi terlihat bersih dan berkilau. Namun, beberapa orang merasa kesulitan untuk menjaga kebersihan lantai ubin.

Terutama jika lantai ubin selalu dilalui, maka akan muncul jejak kaki yang membuat tampilan ubin terlihat kotor dan kurang menarik.

Selain itu, jejak kaki juga bisa muncul setelah ubin dipel. Tapi tak perlu risau karena ternyata jejak kaki di lantai ubin bisa dibersihkan dengan mudah.

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Vinyl agar Tidak Licin

Dikutip dari Home Decor Bliss dan Floor Care Kits, Sabtu (30/12/2023), berikut ini cara membersihkan jejak kaki di lantai ubin.

Bersihkan menggunakan larutan garam

Ilustrasi mengepel lantai.Shutterstock/RossHelen Ilustrasi mengepel lantai.

Garam tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, namun bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan jejak kaki di lantai.

Caranya cukup mencampurkan garam dengan air hangat dan aduk sampai garam larut. Selanjutnya, gunakan larutan tersebut untuk membersihkan lantai.

Campuran ini akan membuat lantai berkilau dan mencegah adanya goresan di lantai. Larutan garam juga bisa mengangkat residu dari pembersih kimia yang dapat merusak dan mengganggu tampilan lantai.

Baca juga: 5 Bahan Pembersih yang Dapat Digunakan untuk Mengepel Lantai

Menggunakan campuran cuka dan air

Cara membersihkan jejak kaki di lantai ubin lainnya yaitu menggunakan cuka dan air. Jika mengepel lantai hanya menggunakan bahan pembersih, biasanya terdapat residu yang tertinggal di lantai.

Untuk menghilangkan residu bahan pembersih lantai, bisa menggunakan cuka dan air. Gunakan larutan tersebut untuk mengelap lantai agar lantai kembali bersih dan kinclong.

Lap lantai dengan kain kering dan bersih

Jejak kaki biasanya muncul saat lantai basah diinjak. Maka dari itu, salah satu cara mencegah munculnya jejak kaki yaitu dengan langsung mengeringkan lantai menggunakan kain kering dan bersih.

Selain membuat lantai cepat kering, lap kain juga membuat lantai semakin bersih dan cerah. Namun, pastikan menggunakan kain yang lembut agar lantai tidak tergores.

Baca juga: Cara Mengepel Lantai Granit agar Bersih dan Tetap Mengkilap

Bersihkan dengan pasta soda kue

Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan jejak kaki di lantai ubin. Caranya dengan mencampurkan soda kue dan air sampai membentuk pasta.

Lalu, oleskan pasta soda kue ke jejak kaki dan gosok perlahan dengan kain lembap. Terakhir, seka dengan kain lembut untuk menghilangkan residu pasta soda kue.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan jejak kaki di lantai ubin. Cara-cara di atas membuat lantai rumah lebih bersih dan kinclong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com