Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjaga Dapur Putih Tetap Bersih dan Kinclong

Kompas.com - 26/12/2023, 18:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace


JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur putih banyak diminati karena bisa memberikan kesan terang dan luas. Selain itu, dapur putih juga membuat tampilan rumah terlihat lebih elegan.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat memiliki dapur berwarna putih yakni terkait kebersihannya. Sebab, kotoran dan noda akan lebih mudah terlihat pada dapur berwarna putih.

Baca juga: 3 Ide Dapur Putih yang Modern dan Populer

Kotoran dan noda tersebut membuat tampilan dapur putih menjadi kurang menarik, bahkan membuat dapur terlihat kumuh. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan pada dapur bernuansa putih.

Dikutip dari Livspace, Selasa (26/12/2023), berikut ini cara menjaga dapur putih tetap bersih dan kinclong.

Lindungi lemari putih dari sinar matahari langsung

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.

Nuansa putih di dalam dapur bisa dihadirkan lewat penggunaan lemari dapur berwarna putih. Jika memiliki lemari dapur berwarna putih, pastikan untuk meletakkan lemari tersebut di area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Pasalnya, sinar matahari bisa membuat lemari putih berubah menjadi kekuningan dan terlihat kotor. Cara untuk melindungi dapur putih dari paparan sinar matahari langsung yaitu dengan memasang tirai atau kerai di jendela.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Pasang exhaust fan

Exhaust fan adalah alat penyedot udara yang dapat mengeluarkan udara lembap atau kotor dari dalam ruangan menuju luar ruangan. Jika memiliki dapur putih, sebaiknya gunakan exhaust fan.

Di dapur, exhaust fan berfungsi untuk membuang aroma menyengat dari masakan atau asap yang bisa membuat suasana ruangan terasa pengap. Jika tidak dibuang, asap ini dapat mengotori dinding dapur putih dan membuat tampilan dapur kurang menarik.

Selain itu, penggunaan exhaust fan juga membuat udara di dalam dapur terasa lebih segar dan bersih, memasak pun akan jauh lebih menyenangkan.

Baca juga: Selain Kamar Mandi, Ini Manfaat Memasang Exhaust Fan di Dapur

Bersihkan menggunakan bahan pembersih sederhana

Cara menjaga kebersihan dapur putih tak selalu menggunakan bahan atau alat yang mahal. Bahan pembersih sederhana seperti cuka dan soda kue juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan area dapur.

Campuran cuka dan soda kue bisa digunakan untuk membersihkan backsplash yang kotor. Gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok noda yang ada di area tersebut. Jika tidak menyukai aroma menyengat dari cuka, maka cuka bisa diganti dengan air lemon.

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/New Africa Ilustrasi dapur putih.

Selain itu, campuran cuka dan air lemon juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda membandel di wastafel. Cukup semprotkan pada noda dan diamkan sebentar. Lalu, sikat perlahan dan bilas sampai nodanya hilang.

Baca juga: Tips untuk Menjaga Dapur agar Bebas dari Kecoak, Semut, dan Tikus

Selalu sediakan alat kebersihan

Terakhir, cara menjaga kebersihan dapur putih yaitu dengan selalu menyediakan alat kebersihan berupa sapu dan lap.

Dengan menyediakan alat-alat kebersihan, maka noda bisa segera dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari noda dan kotoran mengerak yang kemudian sulit dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com