Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antikusut, Ini 4 Cara Menggantung Celana yang Tepat

Kompas.com - 12/12/2023, 20:01 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Celana, baik celana bahan maupun jeans, menjadi fashion item yang dimiliki semua orang.

Celana menjadi bawahan terbaik untuk dipadupadankan dengan pakaian atau atasan apa pun. Namun, celana sering kali mengalami kusut, yang disebabkan oleh kesalahan penyimpanan. 

Baca juga: Cara Mengeringkan Celana Jeans dengan Benar, Antiluntur dan Rusak

Banyak orang menyimpan celana dengan cara melipatnya, lalu menumpuk bersama pakaian lain di dalam lemari pakaian

Padahal, menyimpan celana seharusnya digantung demi tetap menjaganya bagus serta bebas kusut. Ada banyak cara menggantung celana dengan rapi, baik menggunakan gantungan biasa maupun ingin membeli gantungan yang dirancang khusus untuk menyimpan celana. 

Nah, untuk membantu Anda, dilansir dari The Spruce, Selasa (12/12/2023), berikut cara menggantung celana tanpa membuat kusut. 

Menggantung celana memakai gantungan biasa

  • Pilih gantungan baju

Ilustrasi menggantung celana.Shutterstock/WorldWide Ilustrasi menggantung celana.
Anda bisa menggunakan gantungan berbentuk segitiga untuk menggantung celana jeans dan celana lainnya di lemari pakaian.

Gantungan ini bisa berupa gantungan beludru antiselip, plastik, atau gantungan kayu, tergantung apa yang sudah dimiliki. Jika membeli satu set gantungan baru, salah satu dari ketiganya bisa digunakan.

Hasil akhir yang lembut dan cengkeraman alami gantungan beludru adalah pilihan baik, sementara dua gantungan lainnya dapat menahan beban sedikit lebih berat.

Hindari gantungan kawat tipis saat menggantung celana karena dapat membuatnya melengkung dan celana tidak akan menggantung lurus. 

Baca juga: Selalu Cek Saku Celana Sebelum Dicuci, Kenapa?

  • Melipat dan menggantung celana

Letakkan celana di atas permukaan yang bersih dan kering, menghadap ke atas sehingga saku samping menghadap ke atas. Luruskan setiap lipatan yang terlihat jelas dan jika manset terlipat, buka lipatannya.

Kemudian, lipat celana menjadi dua secara memanjang, satu kaki celana di atas kaki yang lain, dan ratakan kembali lipatannya.

Pegang bagian bawah celana, ujung kaki celana, lingkarkan melalui gantungan, dan gantungkan di atas palang bawah sehingga bagian atas dan bawah celana bertemu pada ketinggian yang sama. 

Baca juga: Jangan Lagi Masukkan Celana Jeans ke Dalam Freezer, Tak Ada Gunanya

Menggantung celana dengan gantungan baju

  • Lipat celana

Seperti celana kasual atau celana jeans, Anda dapat menggantung celana panjang di gantungan biasa, perbedaannya hanya terletak pada cara melipat dan menggantungnya.

Ambil celana dan letakkan di atas permukaan yang rata, lipat satu kaki celana di atas kaki celana yang lain secara memanjang dan pertahankan lipatan yang tajam.

  • Gantung setiap kaki celana

Selanjutnya, cara menggantung celana adalah menggantung setiap kaki celana. Pegang bagian bawah kaki celana dengan masing-masing tangan dan pegang celana secara terbalik dengan ikat pinggang lebih dekat ke lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com