Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memperbarui Tampilan Ruangan tanpa Membeli Barang Baru

Kompas.com - 07/12/2023, 20:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, ruang-ruang di rumah sudah mulai terlihat membosankan, bahkan ketinggalan zaman. 

Karena itu, perlu melakukan pembaruan untuk menyegarkan tampilannya. Namun, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk memperbarui tampilan ruangan

Baca juga: 5 Cara Memperbarui Dapur Putih Tanpa Merombak

Sebaliknya, berkreasilah dengan apa yang sudah ada di rumah. Dengan sedikit kreativitas, dapat membuat barang-barang lama terasa seperti baru dan ruangan kembali menarik. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (7/12/2023), berikut cara memperbarui tampilan ruangan tanpa membeli barang baru

Atur ulang furnitur 

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga.
Sangat tidak realistis untuk membeli sofa baru setiap kali desain ruang keluarga terasa usang. Dompet Anda akan menghela napas lega jika Anda berkreasi dengan tata letak ruangan. 

Katie Simpson, desainer interior senior di Mackenzie Collier Interiors—sebuah tim desain interior residensial dan komersial dengan layanan lengkap yang berbasis di pusat kota Phoenix, Amerika Serikat—mengatakan cara termudah membuat ruangan terasa baru adalah  menata ulang furnitur.

"Pindahkan perabot dari satu area ke area lain untuk mengubah fungsi dan nuansa ruangan," ucapnya. 

Sebagai contoh, ganti meja konsol di pintu masuk rumah dengan bangku dan tanaman dalam pot. Mungkin meja konsol itu akan menemukan rumah baru di ruang makan sebagai meja prasmanan mini.

Sementara Anda melakukannya, pertimbangkan memindahkan tempat tidur ke dinding lain dan posisikan sofa ke arah lain juga. Dorongan Anda membeli furnitur baru akan segera hilang.  

Baca juga: 5 Cara Memperbarui Tampilan Dapur dengan Biaya Terjangkau

Merapikan dan menyingkirkan barang-barang 

Selanjutnya, cara memperbarui tampilan ruangan tanpa membeli barang baru adalah merapikan dan menyingkirkan barang-barang.

"Ruangan cenderung terlihat kacau dan tidak teratur jika kita terus menambah barang, jadi cara mudah menyegarkannya adalah merapikan dan membersihkan permukaannya," kata Simpson.

Namun, jangan membuat diri Anda kewalahan. Lakukan proses merapikan satu ruangan (atau satu rak atau satu laci) dalam satu waktu.

Tanyakan pada diri Anda apakah masih menyukai barang-barang tertentu? Apakah Anda dan barang-barang itu sendiri akan lebih baik jika menemukan rumah baru?

Letakkan barang yang paling berarti di bagian depan dan tengah untuk dipajang, keluarkan barang lain secara musiman, dan sumbangkan apa pun yang tidak lagi memicu kegembiraan. 

Baca juga: 5 Cara Memperbarui Tampilan Rumah tanpa Merenovasinya

 

Putar barang-barang dekoratif 

Coba pindahkan lilin-lilin dekoratif dan semua benda-benda dekoratif yang kecil ke tempat yang baru di dalam rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com