Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haruskah Meletakkan Sofa Menempel ke Dinding Saat Mendekorasi Ruangan?

Kompas.com - 01/12/2023, 16:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mendekorasi sofa di ruang keluarga sering kali sofa ditata menempel dinding.

Hal ini bukanlah pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda saat mendesain ruang keluarga, tapi ini adalah hal penting untuk dipertimbangkan dalam hal tata letak. 

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Putih

Sebagai salah satu ruangan tersibuk di rumah dan ruangan yang paling sering digunakan, sangat penting membuat tata letak ruang keluarga yang tepat. 

Lantas, haruskah meletakkan sofa menempel ke dinding

Tidak ada aturan ketat tentang apakah sofa harus menempel dinding. Pada dasarnya, ini adalah masalah preferensi pribadi, tetapi ukuran dan bentuk ruangan serta bagaimana Anda ingin menata dan menggunakan ruangan tersebut akan berdampak besar pada ide tata letak ruang keluarga. 

Umumnya, sebagian besar desainer interior setuju bahwa sofa tidak boleh menempel ke dinding dan setidaknya harus ada sedikit celah agar ruang keluarga tidak terlihat sempit meski berukuran kecil.

Abigail Ahern dalam buku barunya, Masterclass, menyarankan tidak meletakkan sofa menempel ke dinding, sekecil apa pun ruangan tersebut. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Beludru dengan Benar Agar Bersih Maksimal

Jika melakukannya, Anda akan mendapatkan ruang kosong yang aneh di tengah-tengahnya dan itu akan terasa salah.

"Saya tahu ini terdengar berlawanan dengan intuisi, tapi ruangan akan terasa lebih besar jika membiarkannya "bernapas" dan menggeser sofa sedikit saja akan menciptakan keseimbangan yang lebih baik. Anda tidak akan lagi menyoroti dimensi ruangan yang sempit," katanya. 

Jennifer Ebert, Editor Digital di Homes & Gardens, setuju bahwa menarik perabot ruang keluarga menjauh dari dinding, bahkan hanya beberapa inci saja, akan menciptakan ruang bernapas serta membuatnya tampak lebih luas.

Lalu, seberapa jauh jaraknya menempatkan sofa dan tempat duduk dari dinding?

Untuk membantu Anda memutuskan, berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat meletakkan sofa di ruang keluarga disadur dari Homes and Gardens, Jumat (1/12/2023). 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Berwarna Coklat Tua

 

Tarik sofa menjauh dari dinding

Ilustrasi ruang tamu bernuansa abu-abu terangShutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang tamu bernuansa abu-abu terang
Perlu ditekankan lagi, meski memiliki ruangan yang kecil, usahakan sofa tidak menyentuh dinding, bahkan celah kecil pun, untuk membantu meningkatkan tampilan dan nuansa ruangan.

"Di ruang keluarga, jangan merasa sof harus menempel ke dinding. Menariknya dari dinding akan menciptakan ilusi ruang dan membuat ruangan terlihat lebih besar," saran studio Desain di King Living.

Letakkan sofa di dinding pada ruangan kecil 

Jika sedang mengerjakan tata letak untuk ruang keluarga kecil, meletakkan furnitur di dinding dapat membantu menciptakan nuansa nyaman dan intim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com