Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2023, 19:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comBlender adalah salah satu perlengkapan elektronik yang sering dijumpai di rumah. Blender berfungsi untuk menghancurkan bahan makanan.

Fungsi ini ditunjang oleh pisau yang cukup tajam. Pisau blender berada di tengah teko blender. Biasanya terdapat empat mata pisau yang dapat berputar saat mesin dinyalakan.

Sama halnya dengan pisau dapur, pisau blender juga bisa tumpul jika digunakan terus menerus. Maka dari itu, pisau perlu blender perlu rutin diasah.

Cara mengasah pisau blender cukup mudah. Kamu bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan tenaga ahli. Dikutip dari World of Blenders, Senin (27/11/2023), berikut cara mengasah pisau blender dengan mudah.

Baca juga: Cara Menajamkan Pisau Blender dengan Cangkang Telur

Cara mengasah pisau blender menggunakan batu asah

Salah satu cara yang bisa dipilih untuk mengasah pisau blender yaitu dengan menggunakan batu asah. Sebelum diasah, kamu perlu memastikan blender sudah tidak terhubung ke aliran listrik.

Ilustrasi pisau blender yang perlu dibersihkan dan dirawat secara rutin.DOK.SHUTTERSTOCK/Antonsov85 Ilustrasi pisau blender yang perlu dibersihkan dan dirawat secara rutin.

Kemudian pisahkan antara teko blender dengan alasnya. Lalu, cuci teko dengan air sabun hangat untuk mengangkat kotoran yang masih menempel pada pisau.

Selanjutnya, lepaskan bilah blender dengan hati-hati. Sebaiknya gunakan sarung tangan agar tangan tidak terluka saat melepas pisau blender.

Untuk melepasnya, kamu bisa memutar pisau berlawanan arah jarum jam atau sesuai dengan instruksi pada buku panduan.

Baca juga: Cara Merawat Pisau Blender dan Food Processor agar Tak Cepat Tumpul

Setelah terlepas, bongkar pisau yang saling berkaitan dan bersihkan kembali pisau blender menggunakan air mengalir.

Lalu, asah pisau dengan batu asah berulang kali sampai pisau kembali tajam. Terakhir, pasang kembali pisau blender di tempat semula.

Cara menajamkan pisau blender menggunakan telur

Jika mengasah pisau blender dengan batu cukup merepotkan, maka kamu bisa memanfaatkan kulit telur untuk mempertajam pisau blender.

Cara ini cukup mudah dan praktis, kamu cukup menambahkan kulit telur dan sedikit air ke dalam blender.

Kemudian, nyalakan blender seperti biasa sampai kulit telur hancur. Terakhir, bersihkan blender agar tidak ada cangkang telur yang tersisa di dalamnya.

Baca juga: Trik Menajamkan Pisau Blender yang Tumpul dengan Cangkang Telur

Cara mengasah pisau blender menggunakan aluminium foil

Selain telur, kamu juga bisa mengasah pisau blender menggunakan aluminium foil. Cara ini juga cukup mudah dan cepat.

Kamu hanya perlu memotong-motong aluminium foil dan masukkan ke dalam blender. Selanjutnya, nyalakan blender seperti biasa sampai aluminium foil halus.

Jika merasa belum terlalu tajam, kamu bisa menambahkan aluminium foil lagi ke dalam blender. Lakukan proses pengasahan ini selama kurang lebih 10 menit. Terakhir, buang aluminium yang sudah halus dan bersihkan blender menggunakan air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com