Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Blender agar Tetap Higienis, Bebas Bau, dan Awet

Kompas.com - 06/09/2023, 08:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender merupakan peralatan elektronik dapur yang berfungsi membuat jus buah serta menghaluskan bahan makanan, seperti sayuran, bumbu dapur, bahkan daging.

Hal ini pun membuat blender rentan mengalami kotor dan meninggal bau tak sedap. Bahkan meski sudah dibersihkan, blender masih tetap bau, entah karena metode pembersihan yang salah atau memang bahan makanan yang tidak sebaiknya dihaluskan dengan blender.  

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Blender Secara Menyeluruh

Karena itu, mengetahui cara membersihkan blender yang tepat penting dilakukan untuk menjaga alat tetap bersih, higienis, serta awet. 

Selain itu, metode membersihkan blender yang tepat dapat menghemat waktu dan tenaga. Kabar baiknya, blender terbaik sering kali memiliki beberapa komponen yang dapat dimasukkan ke mesin pencuci piring sehingga memudahkan pekerjaan. 

Umumnya, sebelum membersihkan blender, Anda harus membongkarnya terlebih dahulu. Jika blendermemiliki beberapa bagian yang aman dicuci di mesin pencuci piring, ketahuilah bahwa bagian tersebut dapat menghabiskan banyak tempat di keranjang, terutama jika Anda memblendernya setiap hari.

Selain itu, penggunaan mesin pencuci piring setiap hari pada suhu tinggi 80 derajat Celsius dapat merusak tabung blender atau lebih tepatnya mengikis permukaannya yang pada akhirnya akan terlihat keruh. 

Lucy Searle, Pemimpin Redaksi Global Homes & Gardens, mengatakan apabila mata pisau dapat dibersihkan di mesin pencuci piring, Anda harus mengeluarkannya segera setelah siklus selesai untuk mencegah uap tumpul atau korosi pada logam. 

Maka itu, sebaiknya membersihkan blender dengan tangan. Caranya tak kalah bersih dengan mesin pencuci piring, hanya membutuhkan waktu 30 detik, dan tidak perlu membongkar blender. Cara ini juga bisa digunakan pada blender jenis apa pun.  

Dilansir dari Homes & Gardens, Rabu (6/9/ 2023), berikut ragam cara membersihkan blender di rumah. 

Baca juga: 7 Kesalahan Menggunakan Blender yang Bikin Rusak

Cara membersihkan blender secara mendalam

Ilustrasi blender.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi blender.
Disarankan membersihkan blender setidaknya dua kali setahun, tetapi ini tergantung pada penggunaan.

Selain pembersihan sehari-hari yang membantu mencegah penumpukan makanan di tempat yang tidak diinginkan, penting membersihkan blender lebih menyeluruh secara berkala.

Cairan dapat merembes ke dalam sambungan, terutama di sekitar mata pisau dan segel penutup, menyebabkan penumpukan bakteri secara bertahap.

Sebagian besar blender memiliki pisau pemotong/unit pemotong yang dapat dilepas yang membuat prosesnya sedikit lebih mudah. 

Baca juga: Cara Membersihkan Blender Kurang dari Satu Menit dan Secara Menyeluruh

Berhati-hatilah saat menangani unit pisau. Bacalah buku petunjuk untuk mengetahui apakah beberapa atau semua bagian (non-listrik) dapat dicuci dengan mesin pencuci piring dan pada suhu berapa.

Jika blender tidak ramah mesin pencuci piring, Anda hanya perlu membersihkan blender setiap bagian dengan air sabun hangat. Biarkan terendam jika ada noda membandel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com