Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2023, 20:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSofa merupakan salah satu furnitur penting yang ada di rumah. Sofa berfungsi sebagai tempat duduk.

Biasanya, sofa diletakkan di ruang tamu maupun ruang keluarga. Tak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, sofa juga bisa menjadi perabotan yang melengkapi dekorasi ruangan.

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pastikan untuk membeli sofa yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (20/11/2023), berikut ini tips memilih sofa yang tepat.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 8 Cara Memilih Sofa Ruang Keluarga

Pastikan sofa tidak lebih besar dari ukuran ruangan

Ukuran sofa yang dibeli sebaiknya tidak lebih besar dari ukuran ruangan. Tujuannya agar sofa tidak menghalangi mobilitas di ruangan tersebut.

Kemudahan bergerak sangat penting dalam ruangan. Maka dari itu, perhatikan juga jarak antar sofa dengan furnitur lain.

Ilustrasi sofa hitam.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa hitam.

Pertimbangkan kenyamanannya

Kenyamanan menjadi hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa. Pastikan membeli sofa yang empuk dan nyaman saat digunakan.

Kenyamanan juga berkaitan dengan material yang digunakan. Jika tidak mengetahui seluk beluk material sofa, maka kamu bisa langsung bertanya ke penjual furnitur tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Sofa untuk Ruang Tamu Minimalis

Sesuaikan tinggi sofa dengan kondisi ruangan

Tinggi sofa juga perlu dipertimbangkan saat hendak membeli furnitur ini. Tinggi sofa bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Misalnya, pada ruang tamu pilihlah sofa yang lebih formal dengan sandaran lebih tinggi karena kamu akan duduk di ruangan tersebut untuk bercakap-cakap.

Sedangkan, untuk ruang keluarga, kamu bisa memilih sofa yang tidak terlalu tinggi agar memberikan kesan santai dan nyaman.

Itulah tips memilih sofa yang perlu kamu pertimbangkan. Selain tiga hal yang sudah disebutkan, kamu juga bisa mempertimbangkan merek dan harga sofa yang ingin dibeli.

Sebaiknya, pilih juga sofa yang bergaransi agar kamu tidak rugi saat terjadi kerusakan setelah membeli furnitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com