Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2023, 16:28 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comKutu busuk merupakan salah satu hama yang sedang banyak dibicarakan. Sebab, populasi hama ini mulai membludak di beberapa negara.

Di awal November 2023, hama ini banyak ditemukan di Korea Selatan dan Hongkong. Kabar terakhir, populasi kutu busuk di Singapura mulai meningkat.

Kabar tersebut membuat banyak diantara kita merasa khawatir. Sebab, serangan kutu busuk bisa merusak furnitur hingga pakaian.

Baca juga: Pulang Berlibur? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kutu Busuk di Rumah

Tak hanya itu, kutu busuk juga dapat memunculkan rasa gatal di kulit. Maka dari itu, penting untuk melakukan upaya pencegahan agar kutu busuk tidak masuk rumah.

Dilansir dari United States Environmental Protection Agency, Minggu (19/11/2023), berikut ini tips mencegah kutu busuk masuk ke rumah.

Bersihkan area yang sering menjadi tempat persembunyian kutu busuk

Ilustrasi kutu busuk.SHUTTERSTOCK/GEORGY DZYURA Ilustrasi kutu busuk.

Salah satu cara mencegah kutu busuk masuk ke rumah yaitu dengan rutin membersihkan area yang sering menjadi tempat persembunyian kutu busuk, seperti kasur, sofa, maupun pakaian.

Kamu bisa mencoba menggunakan penutup kutu busuk khusus pada kasur dan pegas kotak untuk mempersulit kutu busuk bersembunyi di area tersebut.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Kehadiran Kutu Busuk di Rumah

Cuci seprai, selimut, dan pakaian yang menyentuh lantai

Kutu busuk juga bisa bersembunyi di lantai. Maka dari itu, sebaiknya rutin mencuci seprai, selimut, dan pakaian yang sering menyentuh lantai.

Tak hanya itu, kamu juga perlu rutin mencuci keranjang atau wadah cucian. Sebab, kutu busuk dan telurnya juga bisa bersembunyi di area tersebut.

Letakkan barang-barang di luar suasangan saat suhunya sangat dingin

Suhu rendah bisa membuat kutu busuk tidak aktif, bahkan mati. Maka dari itu, ketika suhu luar ruangan sedang dingin, sebaiknya keluarkan barang yang berpotensi menjadi tempat persembunyian kutu busuk.

Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan kutu busuk

Tips mencegah kutu busuk masuk ke rumah selanjutnya yaitu menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan kutu busuk.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Busuk dengan Minyak Esensial Lavender

Kamu bisa menggunakan alat elektronik ini untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Setelah itu, bersihkan debu yang terperangkap di alat tersebut.

Hubungi tenaga ahli jika dibutuhkan

Jika merasa langkah-langkah di atas tidak cukup untuk menghalau kutu busuk masuk ke rumah, kamu mungkin perlu menghubungi tenaga ahli untuk membantu membersihkan area rumah.

Para ahli memiliki alat dan pengetahuan yang mumpuni dalam membersihkan rumah untuk mencegah persebaran kutu busuk.

Nah, itulah beberapa tips mencegah kutu busuk masuk ke rumah. Langkah-langkah tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kenyamanan saat beraktivitas di dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com