Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dan kucing telah lama dijinakkan untuk menjadi sahabat manusia atau hewan peliharaan. 

Keduanya termasuk hewan mamalia. Tak heran, dalam hal perawatan, memelihara kucing dan anjing tak jauh berbeda. Meski begitu, anjing dan kucing membutuhkan nutrisi berbeda. 

Baca juga: 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Kucing Peliharaan

Namun, terkadang kucing dapat mengonsumsi sedikit makanan anjing dan tidak akan mengalami toksisitas atau efek jangka panjang. 

Kucing mengonsumsi makanan anjing karena berbagai alasan, seperti rasa lapar, mencoba menunjukkan dominasi, atau tertarik dengan baunya.

Meski mengonsumsi dalam jumlah kecil biasanya tidak membahayakan kucing, makanan anjing tidak membantu kucing mencapai kesehatan terbaiknya.

Namun, dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (17/11/2023), kucing memakan makanan anjing dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi.

Karena itu, sebaiknya perlu menghentikan hal tersebut dan mencari tahu nutrisi yang dibutuhkan dan jenis makanan kucing terbaik.  

Baca juga: Kucing Memakan Kertas, Amankah? 

Mengapa kucing tidak boleh makan makanan anjing dalam jangka panjang?

Kucing adalah karivora obligat yang membutuhkan daging agar tetap bugar dan sehat.iStockphoto/Nils Jacobi Kucing adalah karivora obligat yang membutuhkan daging agar tetap bugar dan sehat.
Kucing memiliki kebutuhan nutrisi berbeda dengan anjing. Kucing adalah karnivora obligat, yang berarti membutuhkan protein hewani untuk berkembang.

Makanan anjing tidak mengandung protein, taurin, vitamin, dan mineral lain yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kucing.

Selain itu, kandungan kalori, lemak, dan air dalam makanan anjing tidak sesuai dengan kebutuhan kucing.

Apa saja perbedaan makanan kucing dan makanan anjing?

Makanan kucing mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral tertentu yang merupakan nutrisi penting bagi kucing. Makanan kucing mengandung taurin, yang sangat minim atau tidak ada sama sekali dalam makanan anjing.

Makanan kucing mengandung asam arakidonat, niasin, dan vitamin A yang lebih tinggi, yang tidak akan ditemukan dalam jumlah tepat untuk kucing dalam makanan anjing.

Terakhir, makanan kucing berukuran lebih kecil (sehingga lebih mudah dimakan kucing) dan lebih tinggi kalori daripada makanan anjing. 

Baca juga: Penyebab Kucing Memakan Kotoran dan Cara Menghentikannya

Apa yang harus dilakukan jika kucing memakan makanan anjing? 

Alasan kucing suka pilih-pilih makanan.Shutterstock/Pixel-Shot Alasan kucing suka pilih-pilih makanan.
Jika kucing memakan makanan anjing sesekali, Anda tidak perlu khawatir. Mengonsumsi makanan anjing akan bermasalah jika kucing memiliki alergi, perut yang sensitif, atau masalah kesehatan dengan pantangan makanan.

Jika kucing tampak sakit setelah mengonsumsi makanan anjing, catatlah jenis makanan yang dimakan dan bicarakan dengan dokter hewan tentang kemungkinan terjadinya komplikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com