Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 16:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKucing merupakan kelompok mamalia, artinya meraka akan menyusui anaknya setelah melahirkan. Namun, ternyata ada induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya.

Terkadang induk kucing menolak untuk menyusui anaknya. Bahkan, ada induk kucing yang benar-benar menolak untuk merawat anaknya dan bertindak agresif saat didekati oleh anaknya.

Lantas, kenapa induk kucing tidak mau menyusui anaknya? Menurut penjelasan di The Spruce Pets, Senin (23/10/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Kenali, 6 Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Induk kucing sedang sakit

Salah satu penyebab kucing tidak mau menyusui anaknya yaitu karena induk kucing sedang sakit. Pada kondisi sakit, induk kucing tidak menghasilkan air susu dalam jumlah cukup.

Ilustrasi kucing sakitPixabay Ilustrasi kucing sakit

Selain akibat penyakit, air susu yang tidak lancar juga bisa disebabkan oleh dehidrasi dan malnutrisi. Maka dari itu, saat kucing sedang hamil dan menyusui pastikan induk kucing mendapatkan cukup nutrisi.

Kucing yang stres dan merasa tidak aman juga cenderung tidak mau menyusui anaknya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ibu dan anaknya dalam kondisi yang tenang dan aman.

Induk dan anak kucing perlu ditempatkan di area yang hangat agar tanah serta bisa terjadi ikatan yang kuat.

Baca juga: Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Apabila kondisi kesehatan induk kucing terus menurun, segeralah untuk bawa ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Anak kucing sakit atau cacat

Penyebab induk kucing tidak mau menyusui anaknya tak hanya karena faktor kesehatan induknya. Namun, kondisi kesehatan anak kucing juga bisa mengakibatkan induk kucing enggan menyusui anaknya.

Induk kucing bisa mendeteksi kondisi anaknya. Apabila mendapati anak kucing yang sakit atau cacat, maka induk kucing akan mengeluarkan atau memisahkan anak kucing yang sakit.

Tujuannya untuk melindungi anak kucing lainnya agar tidak tertular penyakit. Jika Anda mendekatkan anak kucing yang sakit dengan induknya, justru bisa membuat induk kucing merasa stres.

Solusinya, Anda perlu memeriksakan kondisi anak kucing ke dokter hewan dan berkonsultasi dengan ahli agar anak kucing bisa tetap terawat dan induk kucing tidak merasa stres.

Baca juga: Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Anak kucing banyak

Perlu diketahui bahwa induk kucing bisa melahirkan lebih dari satu anak. Jumlah anak yang terlalu banyak membuat induk tidak memiliki cukup putih untuk memberikan susu ke anaknya secara bersamaan.

Kondisi tersebut memungkinkan ada anak kucing yang tersisihkan, sehingga tidak mendapatkan air susu dalam jumlah cukup. Dalam kondisi ini, sebaiknya anak kucing diberi susu dalam botol agar nutrisi yang didapatkan sama seperti anak kucing lain.

Induk kucing belum dewasa

Umur induk kucing juga menjadi salah satu penyebab induk kucing tidak mau menyusui anaknya. Kucing yang masih sangat muda tidak bisa menghasilkan air susu dalam jumlah cukup untuk anak-anaknya.

Ilustrasi kucing betinaiStockPhotot/LewisTsePuiLung Ilustrasi kucing betina

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com