Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 21:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah karnivora obligat dan ini membuat makanan kucing harus terdiri atas daging.

Namun, ada beberapa buah yang dapat dikonsumsi kucing dalam jumlah sedang. Jika Anda mempertimbangkan memberikan buah sebagai camilan untuk kucing peliharaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Baca juga: Penyebab Kucing Memakan Kotoran dan Cara Menghentikannya

Kucing tidak dapat merasakan rasa manis dan tidak menyukai rasa atau tekstur buah-buahan. Sebagian besar buah mengandung gula tinggi dan karbohidrat yang tidak dibutuhkan kucing.

Gula dan karbohidrat justru dapat berkontribusi pada penambahan berat badan serta menyebabkan masalah kesehatan pada kucing, seperti diabetes. 

Maka itu, buah tidak boleh menjadi bagian penting dari makanan kucing, jadi berikan  dalam jumlah kecil sebagai camilan sesekali.

Secara umum, camilan tidak lebih dari 10 persen asupan kalori harian kucing dan buah-buahan harus menjadi bagian lebih kecil dari jatah camilan kucing. 

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (16/11/2023), berikut daftar buah yang aman dikonsumsi kucing peliharaan.  

Baca juga: Kucing Memakan Kertas, Amankah?

Apel

Ilustrasi apel. Apel adalah buah yang membantu menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan serat larut bernama pektin.PIXABAY/LEOPICTURES Ilustrasi apel. Apel adalah buah yang membantu menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan serat larut bernama pektin.
Apel umumnya aman dikonsumsi kucing selama Anda melakukan beberapa tindakan pencegahan. Buang biji dan inti apel sebelum memberikannya kepada kucing karena biji apel mengandung sejumlah kecil sianida, yang dapat berbahaya jika tertelan dalam jumlah besar.

Kandungan sianida dalam biji apel umumnya tidak berbahaya bagi manusia atau kucing jika dikonsumsi dalam jumlah kecil, tetapi sebaiknya berhati-hati dan membuang bijinya.

Selain itu, sebaiknya kupas apel dan potong kecil-kecil agar mudah diberikan kepada kucing peliharaan. 

Baca juga: Jangan Abai, Ini Ragam Tanda Kucing Hamil

Blueberry

Selanjutnya, buah yang aman dikonsumsi kucing peliharaan adalah blueberry. Buah ini memiliki beberapa manfaat nutrisi.

Blueberry rendah kalori dan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Kucing peliharaan lebih suka bermain dengan blueberry daripada memakannya.

Namun, Anda dapat memberikan beberapa buah blueberry sebagai camilan sesekali atau mencampurkannya dengan makanan rutin sahabar bulu.

Pastikan blueberry telah dicuci bersih dan buang batangnya sebelum diberikan pada kucing peliharaan.   

Baca juga: Penyebab Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan dan Cara Menghentikannya

Kelapa

Ilustrasi kelapa wulung atau kelapa tampuk merah.SHUTTERSTOCK/ADEIRAWAN31081994 Ilustrasi kelapa wulung atau kelapa tampuk merah.
Kelapa juga menjadi buah yang aman dikonsumsi kucing dalam jumlah kecil, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com