Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Jendela Kedap Suara tanpa Harus Menggantinya

Kompas.com - 15/11/2023, 11:24 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang tenang dan nyaman bisa dibilang menjadi impian banyak orang. Namun, kenyataannya, suara bising dari luar rumah bisa mengganggu ketenangan dan kenyamanan tersebut. 

Solusi mencegah suara bisik masuk ke rumah adalah memblokirnya, salah satunya membuat jendela kedap suara

Baca juga: 7 Benda yang Bisa Diletakkan di Ambang Jendela Dapur

Jendela ini dapat memblokir suara bising atau berisik masuk ke rumah. Akan tetapi, tidak semua jendela kedap suara mampu meredam suara dengan baik.

Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (15/11/2023), berikut enam cara membuat jendela kedap suara tanpa harus menggantinya.

Menutup celah dan retakan

Ilustrasi jendela vinyl.SHUTTERSTOCK/VITALIY HRABAR Ilustrasi jendela vinyl.
Langkah pertama membuat jendela kedap suara adalah menutup celah atau retakan di sekitar bingkai atau kusen. Bukaan kecil ini dapat menimbulkan banyak kebisingan, terutama jika jendela rsudah tua atau pemasangannya buruk.

Anda dapat menggunakan dempul akustik untuk menutup celah dan retakan. Oleskan dempul di sepanjang tepi dan sudut bingkai jendela untuk membuat segel kedap udara. 

Baca juga: Langkah Terbaik Membersihkan Kaca Jendela di Rumah

Tirai kedap suara

Selanjutnya, cara membuat jendela kedap suara adalah menggunakai ttirai kedap suara. Ini merupakan salah satu langkah termudah dan efektif membuat jendela menjadi kedap suara.

Tirai kedap suara dirancang khusus untuk mengurangi kebisingan serta biasanya memiliki beberapa lapisan kain dan bahan penyerap suara, seperti vinil bermuatan massal (MLV) atau isolasi fiberglass, yang dapat menyerap kebisingan sebelum masuk ke rumah.

Untuk memasang tirai kedap suara, cukup gantungkan di jendela menggunakan batang gorden. Pastikan menutupi seluruh bingkai jendela dan meluas ke bawahnya untuk membuat segel. 

Baca juga: 3 Jenis Tanaman yang Cocok Diletakkan di Ambang Jendela

Kaca film peredam suara 

Selain digunakan untuk mobil, kaca film peredam suara merupakan cara membuat jendela kedap suara.

Kaca film peredam suara adalah lembaran plastik tipis yang dapat diaplikasikan langsung ke kaca jendela dan bekerja dengan meredam gelombang suara dan mengurangi intensitasnya.

Kaca film ini dapat mengurangi kebisingan suara hingga 50 persen. Cukup potong film agar sesuai dengan ukuran jendela dan tempelkan pada kaca menggunakan perekat berbahan dasar air. Pastikan menghaluskan gelembung udara untuk kinerja optimal. 

Baca juga: 5 Aturan Membersihkan Kamar Mandi tanpa Jendela

Gunakan sisipan jendela yang dibuat sesuai ukuran

Ilustrasi jendela di rumah.SHUTTERSTOCK/MAMA_MIA Ilustrasi jendela di rumah.
Sisipan (insert) jendela yang dibuat sesuai ukuran dapat mengurangi kebisingan hingga 70 persen tanpa mengganti jendela di rumah.

Sisipan jendela ini menciptakan efek kaca sekunder menggunakan bingkai plastik khusus yang ditempatkan di dalam kusen jendela.

Pentingmenghubungi tenaga ahli profesional untuk mengukur jendela dan membuat sisipan yang sesuai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com