Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mengecat Bagian Luar Rumah

Kompas.com - 03/11/2023, 18:45 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat bagian luar rumah merupakan salah satu cara paling efektif menciptakan tampilan rumah yang baru dan segar.

Namun, mengecat bagian luar rumah bukan hal mudah dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk menentukan waktu terbaik melakukannya.  

Baca juga: 6 Warna Cat Ini Tidak Boleh Digunakan untuk Plafon, Kenapa?

Waktu terbaik mengecat bagian luar rumah tergantung pada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhir pengecatan.

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (3/11/2023), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat mengecat bagian luar rumah.

Suhu

Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruanganShutterstock/Africa Studio Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan
Suhu dapat mempengaruhi kualitas cat dan hasil akhir saat cat mengering. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah dapat mempengaruhi kualitas cat dan menyebabkan cat tidak menempel baik pada permukaan.

Jonathan Faccone, pendiri Halo Homebuyers—perusahaan real estate asal Amerika Serikat (AS)—menjelaskan suhu ekstrem dapat mempengaruhi kualitas cat dan menyebabkan cat tidak menempel baik ke permukaan. Hal ini karena cat adalah bahan yang peka terhadap suhu.

Andre Kazimierski, ahli cat asal AS, menyarankan mengecat bagian luar rumah pada suhu  berkisar antara empat hingga 31 derajat Celsius.

Namun, jika memungkinkan, sebaiknya mengecat pada suhu lebih sejuk, yaitu antara 10 dan 21 derajat Celsius. 

Baca juga: Berapa Lama Cat Dapat Bertahan? Ini 6 Tanda Sudah Waktunya Dibuang

Kondisi cuaca

Selanjutnya, adalah kondisi cuaca. Cuaca yang buruk dapat menyebabkan cat tidak menempel baik ke permukaan, tidak mengering dengan benar, bahkan rusak.

Faccone mengatakan pengecatan yang dilakukan saat kondisi udara sedang lembap dapat mempengaruhi daya tahan cat dan menyebabkan pengelupasan atau gelembung pada kemudian hari. Hal ini karena air dapat menyebabkan cat tidak menempel baik ke permukan.

Musim

Ilustrasi rumah dengan warna cat abu-abu. Shutterstock/Artazum Ilustrasi rumah dengan warna cat abu-abu.
Cuaca yang berbeda di setiap musim dapat mempengaruhi hasil akhir, termasuk cara cat melekat dan mengering.

Anda dapat mengecat bagian luar rumah saat musim kemarau karena udaranya lebih kering dan tidak berangin sehingga cat lebih cepat kering dan tidak mudah mengelupas.

Hindari mengecat bagian luar rumah saat musim hujan karena dapat menyebabkan cat tidak menempel baik ke permukaan, tidak mengering dengan benar, bahkan rusak.  

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Membuat Lelah, Jangan Digunakan di Rumah

Jam

Jam juga hal yang perlu dipertimbangkan saat mengecat bagian luar rumah. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan cat mengering terlalu cepat, menyebabkan bekas kuas, dan pengaplikasian tidak merata.

Selain itu, permukaan yang terlalu panas dapat mempengaruhi daya rekat cat. Lina DaSilva, pemilik Toronto Shine Cleaning—layanan pembersihan rumah asal Kanada—menyarankan mengecat bagian luar rumah sisi barat pada pagi hari dan sisi timur pada sore hari agar cat memiliki waktu untuk mengering sebelum terkena sinar matahari langsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com